Fungsi Humas Sangat Penting Dalam Menunjang Tugas Polri

Palangka Raya MKNews- Fungsi humas tidak lagi menjadi fungsi pendukung namun sudah menjadi fungsi utama di kepolisian.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Kalteng Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko melalui Kabidhumas Kombes Pol. Hendra Rochmawan, S.I.K., saat memberikan sambutan pada kegiatan Penerangan Kesatuan Kewilayahan (Pensatwil) oleh Divisi Humas Polri di Aula Bhayangkari, Mapolda, Rabu (27/02/2019) siang.

“Setiap kegiatan atau keberhasilan institusi kepolisian tidak akan diketahui oleh masyarakat apabila humas tidak mempublikasikan ke media. Terkait hal ini, kami harapkan para Kasubbagrenmin dan Kasubbaghumas Polres jajaran dapat memahami fungsi kehumasan,” katanya.

Dijelaskannya, dalam commanderwish Kapolri pada poin keenam tentang manajemen media yang kemudian diimplementasikan kedalam enam strategi kehumasan diantaranya tingkatkan kerjasama dengan media, meningkatkan sarana prasarana kehumasan, membuka ruang publik kepada seluruh elemen masyarakat, menjadikan anggota Polri menjadi agen kehumasan untuk membangun opini positif, memanfaatkan medsos dalam rangka menunjang tugas-tugas kepolisian.

Hal senada juga disampaikan Kabagpensat Biro Penmas Divhumas Polri Kombes Pol. Drs. Yusri Yunus, dalam Rapim TNI Polri beberapa waktu lalu, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan humas kini tidak bisa dipandang sebelah mata karena fungsi kehumasan pada saat ini merupakan fungsi utama tugas dari kepolisian.

“Kemudian, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) agar lebih memahami tugas dan fungsi di kesatuan. Rekan-rekan yang ada di Satker merupakan kepanjangan tangan dari Humas,” tambahnya.

Dengan adanya tranding topik yang berkembang di masyarakat bisa dimanfaatkan untuk meredam informasi yang bersifat negatif. “Terkait akan hal tersebut, rekan-rekan harus pandai dalam mencari, mengumpulkan yang kemudian diolah dan dianalisa secara maksimal sebelum disajikan ke publik,” pungkasnya.(red*)

Back To Top