59 Calon Peserta Ikuti Pelatihan Tes Psikologi di Polres Katingan

Katingan – Program penjaringan calon peserta seleksi anggota Polri tahun 2019 sudah memasuki tahap pembinaan dan pelatihan bidang psikologi. Kegiatan tersebut dipusatkan di aula Bhayangkara Polres Katingan, Jum’at (1/3/2019) sekira pukul 09.00 WIB.

Pada tahapan ini, semua calon peserta rekrutmen akan menjalani tes kecermatan, kecerdasan hingga kepribadian. Pelatihan tersebut diharapkan menjadi bekal hingga tolok ukur para calon peserta sebelum menjalani tes yang sesungguhnya.

Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kabagsumda Kompol Amriaysah mengatakan, pembinaan atau pelatihan tersebut dipimpin langsung oleh Tim Psikologi Biro SDM Polda Kalteng.


“Peserta pelatihan psikologi tahun ini diikuti sebanyak 59 orang, mereka rata-rata merupakan siswa  maupun putra-putri yang ada di Kabupaten Katingan. Kegiatan ini bersifat try out (uji coba) untuk memberikan gambaran bagi calon peserta dalam menghadapi tes psikologi pada rekrutmen anggota Polri nanti,” ungkapnya.


Menurutnya, kegiatan tersebut bersifat pembinaan sehingga tidak dipungut biaya atau gratis. Dirinya cukup bangga atas tingginya antusias peserta pelatihan tersebut.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada peserta tentang teknis menjawab dan menyeselesaikan soal-soal tes psikologi. Seperti menggambar, hitungan general, kejiwaan, kepribadian, tes IQ, dan kemampuan,” jelasnya.

Uji coba tersebut diharapkan, membantu para calon peserta seleksi untuk mendapatkan gambaran sejak awal tentang mekanisme dan contoh materi-materi tes psikologi. Sehingga para peserta dapat lebih mempersiapkan diri masing-masing untuk menghadapi tes psikologi pada saat seleksi penerimaan anggota Polri yang sesungguhnya. (Red*)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url