Gubernur Kalteng H.Sugianto Hadiri Acara Pelepasan Ekspor 37.000 MT Refined Bleaced Deodorized Olein (RDB Olein) senilai Rp. 300 miliar ke Tiongkok

Kobar MkNews-Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugiarto Sabran yang hadir dakam acara pelepasan ekspor  falam pacpara tersebut juga di hadiri oleh Anggota DPR RI Komisi VI – H. Hamdhani, Bupati Kotawaringin Barat - Hj. Nurhidayah, Ketua DPRD Kotawaringin Barat - Triyanto dan H.Abdul Razak serta instansi terkait serta pelaku usaha agrobisnis. 
Dalam sambutannya Gubernur Kalteng H.Sugianto menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian atas pembangunan pertanian diwilayah kerjanya.

Dengan melihat data pertumbuhan yang disampaikan Barantan, Gubernur pun berharap kedepan adanya langkah konkret dalam menggenjot ekspor, tidak hanya satu komoditas tapi seluruh komoditas yang dimiliki oleh petani di Kalimantan Tengah, ujarnya.

Untuk mengoptimalkan potensi ekspor di tiap-tiap provinsi, Kepala Barantan, menyerahkan Aplikasi iMace (Indonesian Map of Agricultural Commodities Exports). Aplikasi yang baru saja diluncurkan oleh Menteri Pertanian, Rabu 13/3-2919, merupakan peta ekspor komoditas pertanian Indonesia yang dapat digunakan oleh pemerintah provinsi sebagai dasar pijakan kebijakan dalam pengembangan potensi ekspor produk pertanian di wilayahnya. 

Saat menyerahkan aplikasi ini kepada Gubernur Kalteng, Jamil juga menjelaskan bahwa melalui aplikasi ini pemerintah provinsi dapat melihat daftar transaksi ekspor komoditas pertanian di provinsinya, grafik tren ekspor komoditas, negara tujuan ekspor, daftar eksportir dan daerah asal komoditas hingga potensi ekspor yang dapat dikembangkan di wilayahnya masing-masing. "Ini adalah bentuk salah satu trobosan kerjasama pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam mendorong akselerasi ekspor komoditas pertanian untuk meningkatkan devisa sektor nonmigas" tandas Jamil. (Red*lulu)





Back To Top