BABINSA DAMPINGI PETANI MENGGUNAKAN MESIN TANAM (RICE TRANSPLANTER)


Pangkalan Bun -MKNews- Komandan Koramil 1014 - 04 /Arut Utara Lettu Czi Yunus, bersama Babinsa melaksanakan pendampingan Kolompok petani pada kegiatan penanaman padi dengan menggunakan mesin tanam (Transplanter) di lahan Demlot Kantor BPP Kecamatan Arut Utara seluas -+ Ha, hadir dalam kegiatan Kabid Sarpras Pertanian Distanak Kab. Kotawaringin Barat, Kabid Tanaman Pangan Distanak Kab. Kobar, Camat Aruta, Sekcam Aruta, Ka BPP Kec. Aruta, Kades se Kec. Aruta dan Kapoktan se Kec. Aruta, Rabu (23/10/2019).

Pada Program Ketahanan Pangan di Kabupaten Kotawaringin Barat , Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani untuk langsung terjun ke sawah, guna membantu kegiatan petani demi bersinergi dengan program Pemerintah Pusat demi tercapainya ketahanan pangan secara menyeluruh. Babinsa bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) dan Kelompok Tani di Kec. Arut Utara melakukan penanaman padi dengan menggunakan mesin tanam padi “Rice Transplanter”. Ini merupakan bukti kepedulian TNI khususnya Jajaran Kodim 1014 / Pbn, untuk membantu petani memperoleh hasil yang maksimal tanpa ada kendala dengan kemajuan teknologi, " terang Danramil

Bagi para petani, apa yang diberikan anggota TNI sangat membantu dan memotivasi petani untuk ikut mendukung dalam mensukseskan swasembada pangan. Perkembangan teknologi pertanian seperti halnya mesin transplanter (mesin tanam padi) yang diberikan oleh Kementan, sudah tidak menjadi kendala bagi petani dalam pengoperasian usai mendapat arahan dari anggota TNI.

Semula warga yang masih memakai cara manual dalam menanam padi atau istilahnya “Tandur”, kini dengan adanya bantuan mesin transplanter menjadi hal yang baru dalam penanaman padi bagi petani di di wilayah Kecamatan Arut Utara.

Komentar