Danrem 102/Pjg Resmi Tutup TMMD Reguler ke-106 di Barito Selatan




Barito Selatan - Danrem 102/Pjg, Kolonel Arm Saiful Rizal, S. Sos, selaku Inspektur Upacara (Irup) secara resmi menutup TMMD Imbangan ke-106 kodim 1012/Btk dan menyaksikan  penandatanganan  naskah hasil pembangunan TMMD serta serah terima dari  Dansatgas TMMD Reguler ke-106 kodim 1012/Btk, Letkol Inf Tuwadi kepada Bupati Barsel yang diwakili sekda kab. Barsel, Ir. Syahrani, MT
 di  lapangan desa Patas II, Gunung Bintang Awai, Barito Selatan, Kalimantan Selatan pada Kamis (31/10).

Adapun tema dalam TMMD saat ini adalah "Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan untuk  Kesejahteraan Rakyat". Hadir dalam upacara tersebut Danrem 102/Pjg, Paban I Ren  Sterad, Kolonel Inf. Bambang Sulistiantoro, Bupati Barito Selatan yang diwakili Sekdakab Barito Selatan, Ir. Syahrani, MT,  Dandim 1012/Btk, FKPD Barito Selatan, Dan/Ka Balak Aju di Barito Selatan, para pimpinan SOPD Barito Selatan, Ketua Persit KCK Koorcabrem 102/Pjg, Camat Gunung Bintang Awai, Kades di wilayah Gunung Bintang Awai, para tokoh agama, adat, pemuda, para prajurit TNI, anggota Polri, pelajar dan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem membacakan amanat Pangdam XII/Tpr, menyatakan," Perlu diketahui bahwa undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, selain memiliki tugas operasi militer untuk perang (OMP), TNI juga mengemban tugas melakukan operasi militer selain perang (OMPS) antara lain membantu pemerintah daerah khususnya dalam hal percepatan dan peningkatan pembangunan di wilayah terutama daerah perbatasan,daerah terpencil atau terisolasi dan Daerah Tertinggal. TMMD merupakan program kerjasama yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri,Kementerian/lembaga pemerintah non-kementerian (LPNK), Pemda yang mensinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong Tertinggal/miskin,terisolasi/terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana",tandasnya.


Lebih lanjut Danrem menambahkan, kegiatan TMMD ke-106 TA 2019 yang dilaksanakan secara serentak oleh Kodim di wilayah Kodam XII/Tanjungpura antara lain Kodim 1202/Singkawang (Reguler) di desa mekarjaya dan desa Jirak Kecamatan Sajad Kabupaten Sambas, Kodim 1206/Putussibau (Reguler perbatasan) di Dusun Karangan Bunut Desa menua sadap Kecamatan embaloh Hulu Kabupaten Kapuas Hulu, Kodim 1012/Bontuk (Reguler) di Desa Bintang Ara dan desa Sungai Raya Kecamatan Gunung bintang Awai kabupaten Barito Selatan, Kodim 1013/Muara Teweh (Imbangan) di desa Muara Bakah kecamatan lahei kabupaten Barito Utara, Kodim 1207/BS (Imbangan) di desa Rasau Jaya 3 Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan TMMD yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD meliputi kegiatan fisik dan nonfisik untuk kegiatan fisik seperti pembukaan Jalan,pembuatan rabat beton, Rehab masjid, pembuatan poskamling, pembuatan lapangan bola. Sedangkan untuk kegiatan non fisik berupa penyuluhan penanggulangan karhutla, pelayanan kesehatan, penyuluhan lingkungan tentang hidup, bahaya narkoba, pelayanan publik,  dan kependudukan. Saya berharap kegiatan yang telah dilaksanakan ini kita pelihara bersama-sama untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat serta meningkatkan semangat gotong royong dan kebersamaan.

Selanjutnya usai upacara, dilanjutkan acara tambahan berupa foto bersama, meninjau pasar murah, pemberian sembako gratis, pasar murah, pelayanan kesehatan gratis yang dilaksanakan dinas kesehatan Barito Selatan.

Sebagaimana diketahui, 
pelaksanaan kegiatan dimulai dari tanggal 02 Oktober sampai 31 Oktober 2019.

Komentar