Inilah Yang Dilakukan Dinas PMDes Untuk Meningkatkan Kapasitas Aparatur Desa Dan Kelurahan


Pulang Pisau,MKNews - Untuk meningkatkan kapasitas aparatur Desa dan Kelurahan se-  Kab. Pulang Pisau,  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kab. Pulang Pisau melakukan kegiatan selama 4 hari. Kegiatan tersebut berbasis aplikasi yaitu agar seluruh Desa  dan Kelurahan dapat menggunakan metode berupa aplikasi yang khususnya ditujukan kepada operator Desa dan Kelurahan terkait pengelolaan Keuangan Desa dan Kelurahan.

Kepala Dinas PMDesa Kab. pulang Pusau Syaripul Pasaribu menjelaskan," tujuan kegiatan tersebut agar upaya kami untuk meningkatkan kapasitas khususnya bagi operator Desa dan Kelurahan terkait transaksi pengelolaan syistem pembendaharaan dan anggaran dapat dipantau.

Pada hari pertama (07 oktober 2019) kegiatan ini kami lakukan di Aula DPMdes Pulang Pisau yangmana pesertanya seluruh operator Desa untuk 2 Kecamatan yaitu Kecamatan  Kahayan Hilir Dan Kecamatan Jabiren Raya. Pada hari ke- 2 dilanjutkan di Aula Kecamatan Maliku (08 Oktober 2019) dengan para peserta seluruh operator Desa untuk 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Maliku dan Kecamatan Sebangau Kuala. 

Kemudian pada hari ke- 3 (15 Oktober 2019) di Aula Kecamatan Kahayan Tengah dengan dihadiri peserta seluruh operator Desa untuk 2 kecamatan yaitu Kecamatan Kahayan Tengah dan Kecamatan Banama Tingang. Dan yang terakhir yaitu hari ke- 4 (18 Oktober 2019) kegiatan itu dilakuakan di Aula Kecamatan Pandih Batu dengan pesertanya, seluruh Operator Desa untuk 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Pandih Batu dan Kecamatan Kahayan Kuala.

Mengenai aplikasi terkait transaksi pengelolaan syistem pembendaharaan dan anggaran, ada 2 aplikasi yang dapat dipastikan dijalankan oleh seluruh Desa-Desa dan Kelurahan Se- Kab. Pulang Pisau. Aplikasi pertama adalah aplikasi Siskuides. Aplikasi ini untuk pengelolaan keuangan. Pihak BPKP bekerjasama dengan kementrian keuangan telah mengembangkan aplikasi ini. Terakhir versi 2.0. Telah di- update menjadi versi 2.0.2.

Dengan memadukan aplikasi Siskuedes versi lama 2.0. Dengan versi terbaru 2.0.2. Merupakan sebuah metode gabungan 2 aplikasi yaitu aplikasi siskuedes dengan aplikasi OM.SPAN ( onlaine monitoring-syistem pembendaharaan dan anggaran negara. Aplikasi OM.SPAN sendiri merupakan aplikasi milik kementrian keuangan untuk memantau transaksi dalam syistem pembendaharaan dan anggaran negara.

Dalam hal terkait Dana Desa, aplikasi OM.SPAN ini merupakan syarat bagi kementrian keuangan untuk pastikan salurkan Dana Desa ke Daerah. Sebelumnya aplikasi ini terpisah dengan aplikasi sikuedes, namun sekarang 2 aplikasi tersebut sudah dapat digunakan dalam Satu aplikasi yaitu dengan aplikasi siskuedes versi terbaru yaitu versi 2.0.2.

Selain aplikasi siskuedes, kami juga instal dan updatekan aplikasi Pelayanan Adminitrasi Handep Hapakat Mandiri ( PAHARI) versi terakhir dengan mengakomodir tambahan jenis surat pernyataan tanah yangmana sebelumnya belum memuat ini kepada seluruh operator Desa Sekabupaten Pulang Pisau.

Harapan kami setelah kegiatan tersebut, bisa dipastikan seluruh operator Desa dan Kelurahan dapat menggunakan dan menjalankan aplikasi siskuedes dan aplikasi pahari dengan versi terakhir diperbaharui," tutupnya.

Komentar