Kodim 1014/Pbn gelar TMMD Imbangan di Desa Bangun Jaya


Balai Riam - MKNews-Komandan Koramil 1014/07 Balai Riam  Lettu Inf Robinhut Sidabalok langsung pimpin rapat koordinasi tentang tehnis persiapan dalam rangka mematangkan persiapan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) imbangan ke - 108 tahun 2020 yang akan dilaksanakan di wilayah Kodim 1014/Pbn, sesuai rencana kegiatan akan dilaksanakan bulan Juni tahun 2020. 

Turut hadir dalam kegiatan rapat koordinasi tersebut, Camat Balai Riam, Kapolsek Balai Riam serta para undangan lainnya, Rabu (03/06/2020).

Dalam rapat itu Camat Balai Riam menyampaikan akan membagi tugas kepada jajarannya, yakni meminta untuk mengkoordinasikan secara teknis guna memperoleh kesiapan yang optimal dan hasil maksimal dalam pelaksanaan kegiatan TMMD Kodim 1014/Pbn nantinya. 

Sementara itu di tempat yang sama, Danramil 07/ Balai Riam yang memimpin rapat koordinasi mengatakan telah merinci secara menyeluruh rencana kegiatan apa saja yang akan di laksanakan pada TMMD ke - 108 Kodim 1014/Pbn tahun 2020, yang nantinya akan dilaksnakan di Desa Bangun Jaya Kecamatan Balai Riam Kab Sukamara. 

" Kegiatan TMMD  ini adalah  merupakan wujud nyata Kemanunggalan TNI dan Rakyat, diharapkan dalam kegiatan TMMD Imbangan tersebut, Kodim 1014/Pbn  mampu memberdayakan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan daerahnya untuk mendukung suksesnya pembangunan nasional,’’ ungkap Danramil.

Dalam paparanya Danrem 102/ Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto,  meyampaikan strategi penanganan dan kesiapan pers TNI AD dalam penanganan Karhutla di wilayah Kalteng tahun 2020.

Danrem meyarankan untuk perbaikan penanggulangan kedepan agar menginvetarisir para pemilik lahan, kemudian Pengecekan sumur bor yang selama ini sudah di persiapkan apakah masih bisa berfungsi, karna itu adalah sarana utama untuk melakukan pemadaman jika terjadinya kebakaran lahan, lalu melaksanakan penanaman pohon pada lahan yang terbakar. Dalam masalah ini agar pemerintah Melibatkan tokoh adat,  tokoh masyarakat, tokoh Agama serta tokoh pemuda untuk menyampaikan, menghimbau dan mengedukasi kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Lebih lanjut Danrem 102/Pjg menyarankan agar di bentuk satgas dari masyarakat  setempat dengan insentif yang cukup dengan konsekuensinya Kalau terjadi kebakaran diwilayahnya untuk insentip yang diberikan akan di potong sesuai dengan kesepakatan dan sesuai dengan tanggung jawab wilayahnya  sehigga ada rasa tanggung jawab masing-masing bagian untuk mengawasi sehingga tidak terjadi kebakaran diwilayahnya, ungkapnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url