Tumbuhkan Nilai Pancasila, Polres Katingan Peringati Hari Lahir Pancasila



Katingan MKNews– Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B, Ginting, S.H., S.I.K., M.H., bertindak selaku inspektur upacara dalam rangka penggelaran  upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila dengan tema “Kita Pancasila, Kita Indonesia “, yang bertempat di lapangan apel Polres Katingan jalan Bhayangkara nomor 01, Desa Hampalit Kereng Pangi, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Sabtu (1/6/2019).

Pada upacara ini, juga di ikuti oleh Waka Polres, para pejabat utama, Kepala Satpol PP, Danramil, dan peserta upacara seluruh personil Polres Katingan mulai dari Perwira, Brigadir sampai dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta anggota TNI, Senkom, KBPP Polri Resor Katingan juga pramuka Saka Bhayangkara.

Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB, dengan pengibaran bendera sang saka merah putih dihadapan peserta upacara. Kapolres Katingan selaku inspektur upacara sekaligus membacakan teks Pancasila dan Bripka Saputra N, selaku pembaca Undang-Undang Dasar 1945.

Dalam upacara, Kapolres Katingan  membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia,  Hariyono, yang dalam amanatnya menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.
"Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keIndonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila," ucap Kapolres.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus.

Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. " Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika," jelas AKBP Dharma Ginting.
Kapolres Katingan berharap melalui upacara peringatan ini, kita semua bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. 
“Kita Indonesia, kita Pancasila,”. (vay)
Next Post Previous Post