Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Bangun Smart Province Untuk Memudahkan Masyarakat Mencari Data



Palangka Raya, MKNews-Dibangunnya Smart Province memudahkan Masyarakat dapat mencari data tentang kemajuan pembangunan, pendidikan, serta kesehatan. Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran berharap bisa meningkatkan SDM masyarakat Kalimantan Tengah semakin Cerdas untuk berinovasi dalam berbagai bidang.

Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Diskominfo Prov.Kalteng sangat aspirasi dengan keterbukaan informasi Publik terbukti dengan membangun jaringan data hingga masyarakat yang memerlukan data dapat dengan mudah mendapatkannya. Selain   keterbukaan informasi publik, Gubernur juga sukses mewujudkan Kalteng sebagai smart Province atau Provinsi Cerdas.

Kadiskominfo Herson Pada saat jumpa Pers Kamis, 07/11/2019 di Aula Kantor Diskominfo Provinsi Jalan Cilik Riwut  Km 3,5 mengatakan Gubernur Sugianto Sabran juga sangat terbuka dengan keterbukaan informasi publik, dan berbagai macam jenis data informasi yang bisa di dapatkan maupun progres pembangunan yang telah dilakukan baik pada bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan maupun ekonomi, semua itu disampaikan ke publik tanpa terkecuali," ucapnya.

Lebih lanjut Herson menyampaikan masa tiga tahun kepemimpinannya, dengan keterbukaan beliau sangat nyata," hal itu tidak lepas dari inovasi yang dikembangkan Gubernur dan dikembangkannya sejak tahun 2017, yang berbasis website http:// ppid.kalteng.go.id. atas inovasi dalam keterbukaan informasi kepada Publik ini, Gubernur mendapatkan penghargaan dan julukan sebagai Gubernur Inovatif tahun 2019," jelas Herson.

Dengan katagori pelayanan yang diberikan sebelumnya, Gubernur Sugianto Sabran juga pernah mendapatkan penghargaan keterbukaan informasi publik pada tahun 2018 dari Komisi Informasi Pusat sebagai Badan Publik menuju informasi yang diterima di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia. Website http://ppid.kalteng.go.id dibuat agar masyarakat bisa mengetahui setiap data, capaian, progres pembangunan, anggaran dan lain sebagainya," ungkapnya.

Dengan melalui website tersebut semuanya ada disitu, jadi sangat terbuka sehingga saat ini, jumlah informasi yang tersedia pada website ppid adalah 1.781 informasi yang dapat diakses oleh masyarakat luas. Melalui visi misi Provinsi smart memiliki beberapa fasilitaa pantauan beberbagai informasi di 7 Kabupaten melalui smart 24 titik akses dikota Palngka Raya," pungkasnya.

Juga ditambah dengan Kebijakan keamanan smart city ada di berbagai SKPD bandara Cilik Riwut .210 titik cctv juga berkerjasama dengan Pemerintah Kota Waringin Timur ada 25 titik cctv yang sudah di pasang, juga dibeberapa titik pontensial dan di Kabupaten Barito Utara 10,10 Kabupaten Pulang Pisau. Cctv inovasi untuk mengerakan satu data Indonesia RKA.

Komentar