Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Dampingi Mentan Tinjau Desa Gadabung

PalangkaRaya MKNews-Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Sabtu (12/09/2020). Dalam kunjungan kerjanya kali ini Mentan RI melakukan peninjauan lokasi rencana penanaman padi perdana oleh Presiden RI di kawasan pembangunan Food Estate.

Tiba dikawasan Food Estate, Mentan beserta jajarannya disambut oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Anggota Forkopimda Prov. Kalteng diantaranya Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, beserta Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo, dan Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait.
Dalam sambutannya, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan rencana Presiden RI Joko Widodo yang akan mengunjungi Kalteng dalam waktu dekat untuk melakukan penanaman padi perdana. Syahrul Yasin Limpo juga menyampaikan bahwa pembangunan Food Estate di Kalteng merupakan proyek terbesar diseluruh Indonesia.

Lebih lanjut Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan Lahan Food Estate di Desa Gadabung, hamparannya masih perlu digarap lagi. Selain itu, Mentan menginginkan 1 traktor minimal menggarap 2 Ha lahan atau maksimal 4 Ha.“Kita masih punya waktu satu minggu”, tutur Mentan.
Food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan. Food Estate yang dikembangkan di Kalteng yakni Berbasis Korporasi Petani.

Dikawasan Food Estate yang berada di Kabupaten Pulang Pisau, tidak hanya ditanami padi dan jagung tetapi juga jenis tanaman lainnya seperti jeruk, kelapa serta peternakan itik dan ikan.