Tradisi Pedang Pora Sambut Kedatangan Kapolres Kobar yang Baru


Kobar – MKNews-Kedatangan Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar) jajaran Polda Kalteng yang baru, AKBP Devy Firmansyah, S.I.K., disambut dengan tradisi tepung tawar dan pedang pora, di halaman Mapolres, Jalan P. Diponegoro, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kobar, Kalteng, Selasa (27/10/2020) pukul 08.30 WIB.

Adapun upacara tradisi pedang pora dilakukan oleh para perwira pertama. Sebelumnya, saat masuk pintu gerbang Mapolres, dilakukan pengalungan bunga dan penyerahan buked bunga kepada Kapolres baru dan ibu serta tepung tawar juga tarian tradisional adat Kotawaringin.



Usai melalui tradisi pedang pora dan penyambutan oleh pejabat utama Polres serta bhayangkari, perwira menengah Polri ini langsung menuju ruang kerja Kapolres Kobar, selanjutnya memimpin acara laporan kesatuan di ruang rapat utama (Rupatama) dan apel besar farewell parade.


“Tradisi pedang pora ini merupakan salah satu bentuk penyambutan terhadap pimpinan Polri yang akan memasuki suatu kesatuan,” jelas Wakapolres Kobar Kompol Boni Ariefianto. (dns/sam)