Satgas Kapuas Ikuti Rakor Covid-19 se-Kalteng Secara Virtual


KUALA KAPUAS, MKNews-Plt. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah dan diikuti oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 yang dilakukan secara virtual.

Rakor tersebut juga diikuti oleh Kepala BPBD Kapuas Panahatan Sinaga selaku Sekretaris Satgas Covid-19, Kepala Dinas Kominfo Kapuas Dr. H. Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes yang juga Juru Bicara Satgas Covid-19 Kapuas, Direktur RSUD Kapuas dr Agus Waluyo, Kepala Dinas Perhubungan Vitrianson serta anggota Covid-19 lainnya, bertempat ruang Rapat Kantor Bupati Kapuas, Rabu (25/11/2020) sore.

Dalam rapat itu dibahas mengenai beberapa sumber penularan Covid – 19 yang baru baru ini sedang terjadi diantaranya pelaku perjalanan yang semakin banyak, kontak erat di rumah dan tempat kerja secara berkelompok dan pelaku kegiatan diluar rumah. Ibu rumah tangga dan keluarga semurah juga cenderung meningkat dalam 2 minggu atau 14 hari pengamatan.

Berdasarkan data status kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah pada minggu ke 37 di zona resiko tinggi, trend kasus mingguan menunjukkan 3 kali peningkatan jumlah kasus baru dalam bulan November ini dan peningkatan kasus baru minggu ini sebesar 21 persen dari kasus minggu sebelumnya.

Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan, Kasus yang terkonfirmasi Covid-19 di Kalteng pada tanggal 24 November 2020 berada diangka 1,08% terhadap data kasus terkonfirmasi Nasional. Telah terjadi peningkatan kasus konfirmasi positif di bulan November 2020 dibandingkan dengan Oktober 2020, bahkan lebih tinggi dari bulan-bulan sebelumnya. Sedangkan kasus kematian pada bulan November 2020 terjadi peningkatan dibandingkan pada bulan Oktober 2020, bahkan masih lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya sejak bulan Agustus 2020.

“Agar seluruh Kabupaten atau Kota di Kalteng sudah memiliki Peraturan Kepala Daerah yang mengatur penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan serta penyelenggaraan Pilkada untuk benar-benar menegakan aturan protokol kesehatan kepada semua calon yang bertarung di Pilkada 2020 untuk Provinsi Kalteng dan Kabupaten Kotawaringin Timur,” ucap Plt Gubernur Kalteng

Dalam kesempatan tersebut, Habib Ismail Bin Yahya menekankan kepada seluruh masyarakat agar menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan guna mencegah penularan Covid-19 sekaligus memutus mata rantai penularan Covid-19. Serta Plt Gubernur Kalimantan Tengah meminta agar Pemerintah gencar mengkampanyekan 3T yakni Tracing (penelusuran), Testing (pengujian), dan Treatment (perawatan) dalam memerangi Covid-19

Sekretaris Satgas Penanganan Covid – 19 Kabupaten Kapuas Panahan Sinaga menjelaskan tentang update perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Kapuas, yang mana hingga saat ini pasien yang masih dalam perawatan berjumlah 31 orang. Kemudian untuk pasien yang selesai isolasi atau dinyatakan sembuh berjumlah 454 orang dan pasien Covid - 19 yang meninggal dunia sebanyak 25 orang. “Sehingga total kasus Covid - 19 yang terkonfirmasi di Kabupaten Kapuas berjumlah 510 orang,” ucapnya.

Melihat masih adanya kasus penambahan Covid -19, maka diharapkan kesadaran dari masyarakat seperti membatasi pergerakan selama masa penularan masih aktif. Begitu juga dengan selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesahatan 4 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan meninghindari kerumunan.