PT HMI Salurkan Bantuan Sembako Untuk Acara Ritual Adat Tiwah Untuk Warga di Rumah Adat Betang Luwe Hulu

MUARA TEWH,Sebelumnya PT Haring Mulusani Indonesia (HMI) memberikan bantuan sembako dan ribuan masker kepada warga di Desa Nihan Hilir, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, yang melaksanakan acara ritual adat tiwah.

Kini PT HMI kembali berbagi melalui penyaluran bantuan sembako dan ribuan masker ke warga Desa Luwe Hulu, Kecamatan Lahei Barat, Barito Utara, guna membantu meringankan beban kepala keluarga yang melaksanakan acara ritual adat tiwah. Kamis (24/06).

Kedatangan rombongan PT HMI disambut hangat oleh enam orang keluarga yang melaksanakan acara ritual tiwah di dalam rumah adat betang NGOTANG AREP di Desa Luwe Hulu yang penuh ke hangat dan keakraban.

Melalui Direktur managemen PT HMI Ardianto, mengatakan, Bahwa kegiatan ini adalah silaturahmi dengan warga Desa Luwe Hulu yang beragama Hindu Kaharingan selain itu sebagai wujud kebersamaan kami dalam kepedulian.

"Maksud kedatangan kami semata-mata berbagi dalam meringankan beban saudara kita yang melaksanakan kegiatan acara adat tiwah ritual puncak kematian bagi agama hindu kaharingan," ucap Ardianto dalam sambutannya.

Selain itu, mungkin bantuan kami ini tidak seberapa harganya namun bagi kami suatu kebanggaan bisa membantu keluarga yang melaksanakan kegiatan ritual ini.

Disampaikan Ardianto yang juga Ketua Majelis Agama Hindu Kaharingan selain berbagi kepedulian dari managemen PT HMI melalui bantuan sembako yang tidak kalah pentingnya adalah silaturahmi saya secara pribadi kepada umat hindu kaharingan yang ada di Desa Luwe Hulu," Pungkapnya.

Ketua panitia acara ritual adat tiwah, Nagen menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga atas kepedulian dari PT HMI kepada enam keluarga yang pelaksanaan ritual tiwah adat ini.

"Saya mewakili enam keluarga yang melaksanakan acara ritual adat tiwah ini sangat bersyukur atas bantuan dari managemen PT HMI sehingga bisa membantu meringankan beban kami," ucap Nagen dalam sambutannya.

Ditambahkan Nagen, kepedulian ini sangat kami apresiasi karena beberapa kali kami melaksanakan ritual adat tiwah belum ada bantuan yang seperti ini dari pihak perusahaan maupun kunjungan secara langsung.

Turut hadir dalam acara silaturahmi managemen PT HMI di rumah Adat Betang ngotang arep luwe hulu Ketua Majelis Agama Hidu Kaharingan Barito Utara, sekaligus Direktur PT HMI Ardianto, Sekdes Luwe Hulu Jali, BPD Luwe Hulu Senda, Penghulu Adat Yan Udin , Mantir Adat Marsen, Kerua Satgas Covid-19, Panitia pelaksana ritual adat tiwah Nagen, keluarga yang melaksanakan acara ritual tiwah, Nagen, Kasmito, Marsen, Elbi, Sungai, dan Heru dan tokoh agama Hindu Kaharingan dan tokoh masyarakat.

Acara diakhiri dengan penyerahan bantuan sembako dan ribuan masker dari managemen PT HMI secara simbolis yang diserahkan langsung Direktur PT HMI dan photo bersama. (AI).

Komentar