Hj. Rizayati dorong kebangkitan ekonomi di tengah pandemi Covid-19

Jakarta –mediakaltengnews.com- Penanganan pandemic Covid-19, khususnya untuk segmen usaha mikro kecil menengah (UMKM) menunjukkan hasil positif. Hal ini ditandai dengan beraktifitasnya para pelaku usaha UMKM, untuk mendorong bangkitnya perekonomian nasional.

Hal itu disampaikan pengusaha nasional asal Bireuen, Aceh, Dr (Cn) Hj. Rizayati, SH, MM“ Ini menunjukkan trend yang positif, tercatat 84 persen pelaku usaha UMKM berhasil kembali beraktifitas,” kata Hj. Rizayati kepada kantor berita strateginetwork, Selasa (8/2/2022)

Hj. Rizayati menyebut, pengembangan sektor usaha UMKM tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun peran swasta juga sangat diperlukan.
“ Pemerintah dan pengusaha swasta harus terus bersinergi melakukan upaya, melakukan pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi melalui berbagai program yang  menyentuh sektor UMKM,” kata penggagas Program Indonesia Terang ini.

Menurut peraih sejumlah penghargaan bergengsi tingkat nasional ini, sektor UMKM menjadi salah satu sektor yang paling terpukul di tengah pandemi. Lesunya dunia UMKM sangat berdampak besar, karena segmen ini memiliki serapan tenaga kerja dan investasi yang cukup tinggi.

Jumlah UMKM di Indonesia saat ini, tercatat sekitar 64,2 juta, dan mampu menghimpun 60,42 persen dari total investasi tanah air.

Agar UMKM ini naik kelas dan memiliki daya saing, Hj. Rizayati  juga mendorong agar pelaku UMKM berpindah ke pasar online lewat berbagai platform jual beli yang tersedia. Ruang digital ini bisa diakses oleh setiap orang di banyak tempat, memungkinkan UMKM bertahan di masa sulit seperti sekarang ini.

“ Pelaku usaha UMKM harus terus berinovasi dengan memanfaatkan platform digital, mengingat saat ini era digitalisasi. Digitalisasi UMKM harus ditingkatkan, mengingat 58 persen penduduk Indonesia telah melakukan transaksi secara digital dengan nilai ekonomi yang tinggi,” terang Presiden Direktur PT. Imza Rizky Jaya ini.

Untuk meningkatkan pemberdayaan UMKM, kata Hj. Rizayati, Partai Indonesia Terang terus melakukan berbagai upaya untuk mendongkrak UMKM di tanah air, serta  melakukan pendampingan terhadap UMKM agar terus bertumbuh sehingga bisa memberi kontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional.
( ris/red )
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url