Sepakati Kerja Sama Pembangunan dan Pengembangan Potensi Daerah, Gubernur Kalteng dan Gubernur Bali Teken MoU



 Bali – mediakaltengnews.com-Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabranbersama Gubernur Bali Wayan Kostermelakukan penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama tentang Kerja Sama Pembangunan dan Pengembangan Potensi Daerah. Penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama dilakukan di Gedung Gajah, Rumah Jabatan Gubernur Bali, Sabtu (26/3/2022).


Pada kesempatan tersebut, Gubernur H. Sugianto Sabran mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Bali beserta seluruh jajaran Pemprov Bali, atas sambutan hangat dan luar biasa yang diberikan saat di Pulau Dewata. H. Sugianto Sabran mengutarakan kesepakatan bersama dengan Pemprov Kalteng dan Pemprov Bali, mengenai kerja sama pembangunan dan pengembangan berbagai potensi daerah, terutama sektor pariwisata dalam rangka untuk lebih mendorong percepatan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Prov. Kalteng dan Bali.

Gubernur juga menyampaikan bahwa kesepakatan bersama ini merupakan landasan untuk melakukan sinergi program dan mengoptimalkan pendayagunaan potensi masing-masing daerah, baik potensi sumber daya manusia, sumber daya alam, maupun teknologi, yang diharapkan bisa meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat di kedua Provinsi. Kerja sama pembangunan dan pengembangan potensi daerah tersebut meliputi sejumlah sektor, di antaranya Pariwisata dan Kebudayaan; Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM); Perdagangan; Pemberdayaan Masyarakat Desa; Perikanan Dan Kelautan; Pertanian dan Peternakan; Kehutanan dan Perkebunan; Transmigrasi; dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Lebih lanjut H. Sugianto Sabran menyebut bahwa sektor prioritas dalam kerja sama tersebut adalah pengembangan potensi sektor pariwista dan budaya.

“Seperti kita ketahui bersama, Pulau Bali merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di dunia. Dimana pariwisata dan budaya merupakan sektor andalan ekonomi Provinsi Bali, sementara Kalteng tidak kalah menariknya dengan destinasi wisata yang eksotis dan keragaman budaya yang unik dan khas” ungkap Sugianto Sabran.

Lebih lanjut beber Sugianto, kerja sama tersebut untuk sama-sama melihat peluang, saling belajar tentang keunggulan dan kelebihan masing-masing, dan menyempurnakan kekurangan yang dimiliki.

Di tempat yang sama, Gubernur Bali Wayan Koster mengucapkan terima kasih atas kunjungan Gubernur Kalteng beserta jajaran, dan menyambut baik dilaksnakannya perjanjian kerja sama antara dua Provinsi. Lebih lanjut Wayan Koster mengajak untuk mendorong menggalakan produk lokal di Daerah.

“Itu kuncinya kenapa Bali bisa maju di sektor produk lokal, jangan sampai produk luar yang kita pakai, hingga perkantoran pun harus gunakan produk lokal, bank daerah harus kita dukung untuk meningkatkan deviden daerah”, pungkas Wayan Koster.

Sebelumnya pada Kamis, (24/3/2022) lalu, Pj. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakinmenggelar silahturahmi dengan Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, di Kantor Gubernur Bali. Pertemuan tersebut dalam rangka tahap penjajakan rencana penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Gubernur Kalteng dan Gubernur Bali, yang akhirnya terlaksana sesuai yang diharapkan.


Suasana pertemuan yang berlangsung hangat tersebut diakhiri dengan pertukaran cindera mata dari kedua belah pihak. Gubernur Kalteng memberikan cindera mata khas Kalteng berupa Benang Bintik, serta mengalungkn langsung Lilis Lamiang kalung khas yang terbuat dari batu khas Kalteng. Gubernur didampingi Ketua TP. PKK Ivo Sugianto Sabran dan Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait. Sementara dari Pemprov Bali hadir Sekretaris Daerah Provinsi Bali beserta jajaran Kepala Perangkat Daerah Provinsi Bali

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url