UMKM harus memiliki produk berdaya saing

Jakarta –mediakaltengnews.com Untuk mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat diperlukan keberpihakan, tidak hanya dari pemerintah saja, namun peran swasta juga dibutuhkan.
Hal ini disampaikan Presiden Direktur PT Imza Rizky Jaya (IRJ) Group Dr (Cn) Hj. Rizayati, SH, MM, kepada strateginetwork, usai mengikuti pembukaan pameran INACRAFT 2022 di Jakarta, Rabu (23/3/2022)

“ Kita harus terus mendorong UMKM agar berdaya saing. Tentunya, untuk menuju ke arah sana diperlukan keberpihakan, tidak hanya dari pemerintah saja, namun peran swasta juga sangat dibutuhkan, agar UMKM kita mampu naik kelas dan berdaya saing dalam dinamika perekonomian nasional saat ini,” kata Hj. Rizayati.

Hj. Rizayati menyebut, kendati UMKM tahan terhadap berbagai goncangan krisis, namun riskan terhadap gejolak perekonomian. Saat pandemic banyak UMKM gulung tikar karena kekurangan biaya produksi, permintaan yang menurun sampai kesulitan pada akses keuangan.

“ UMKM tidak boleh berjalan sendirian, harus kita dorong, baik dari sisi SDM nya, maupun strategi pemasarannya. Di era sekarang, untuk menembus persaingan global, UMKM juga harus terus berinovasi dan memanfaatkan platform digital,” ungkapnya.

“ Kita menginginkan UMKM semakin maju. Untuk itu kita terus berupaya mendorong UMKM untuk lebih baik lagi, karena dengan adanya UMKM ini akan menciptakan lapangan kerja, serta meningkatkan perekonomian masyarakat,” terang Hj. Rizayati, pengusaha nasional asal Bireuen Aceh ini.

Hj. Rizayati juga berharap, UMKM semakin kreatif terutama di sektor digital yakni seperti konten kreatif, hal ini merupakan salah satu modal penting dalam industri kreatif.
( nug/red )
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url