Dinkes Lakukan Penanggulangan Peningkatan Kasus DBD di Pujon

KUALA KAPUAS, MKNews - Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang cenderung meningkat jumlah kasusnya dan penyebarannya, serta sering menimbulkan kejadian luar biasa dan kematian sehingga menjadi masalah kesehatan masyarakat.

Pada bulan April dan bulan Mei 2022 telah terjadi peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Puskesmas Pujon, yaitu di Desa Kayu Bulan sebanyak 1 orang  penderita, Desa Tapen 3 orang kasus dan di Kelurahan Pujon sebanyak 11 orang serta Bajuh 2 orang kasus.


Berdasarakan laporan Surveilance Puskesmas dan hasil Penyelidikan Epiodemiologi, maka pada tanggal 18 sampai dengan 20 Mei yang lalu, Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Puskesmas Pujon dan Lintas Sektor Tingkat Kecamatan Kapuas Tengah melakukan pertemuan dilanjutkan dengan Pengasapan (fogging) nyamuk Aedes Aygypti, serta dilakukan penyuluhan dan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di tiga desa tersebut.

Adapun beberapa hal yang dapat mencegah penyebaran DBD diantaranya menguras tempat penampungan air sekurang-kurangnya seminggu sekali atau menutupnya rapat-rapat. Kemudian mengubur barang bekas yang dapat menampung air, menaburkan racun pembasmi jentik (abatisasi) serta memelihara ikan maupun cara-cara lain membasmi jentik. (Hr)
[

Komentar