Dinas Pertanian Barut Jamin Ketersediaan Hewan Untuk Qurban Aman

Barito Utara, MKNews-Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Barito Utara menjamin untuk ketersediaan hewan kurban pada hari raya Idul Adha ditengah meningkatnya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) aman.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Syahmiludin A Surapati mengatakan bahwa terkait merebaknya di beberapa daerah penyakit mulut dan kaki (PMK) tetapi di tempat kita saat ini Alhamdulillah dari hasil pantauan dan pengawasan bidang perternakan pertanian di lapangan tidak menemukan adanya kasus itu ditempat kita," ujarnya Selasa, 05/07/2022.

"Bahkan lanjutnya untuk membantu menangani permasalahan ini, sesuai dengan instruksi pusat garis komandonya yang melibatkan tim dari kepolisian. Jadi pihak kepolisian insensif berkordinasi ke kita untuk mendata hal tersebut dari data yang ada itu kita support ke sana. Dan secara tegas kita sampaikan bahwa tidak ada kasus di tempat kita ini," ucap Syahmiludin.

Berkaitan dengan berkurangnya pasokan ternak bukan semata-mata di tempat kita saja, namun di beberapa tempat pun sama apalagi di beberapa daerah ini membatasi masuknya hewan ternak untuk mengantisipasi tidak menyebarnya penyakit ke yang lain.Di tempat kita aman karena posisi kita persis ditengah, jadi selama ini pasokan ternak kita yaitu dari Kalsel, Kaltim, bahkan Sulawesi jadi sebelum sampai ke tempat kita, ternak tersebut sudah melewati beberapa pos di kabupaten/kota sehingga ternak yang masuk ke wilayah kita bisa dinyatakan aman,"jelasnya.

Terkait kondisi ternak yang ada di masyarakat pun saat ini,"Insya Allah relatif aman semua begitu pula dengan stok hewan kurban di Barito Utara juga terpenuhi walaupun kita di Barut masih belum bisa memenuhi kebutuhan daging maupun kebutuhan hewan kurban kita masih mendatangkan dari luar. Sementara khusus untuk daging saja di kota Muara Teweh ini, rata-rata dari data resmi itu 4 ekor sehari yaitu 4X3=120 ekor dikali 12 bulan 10.420 ekor kita masih belum mampu," pungkasnya.

Kemudian berikut daftar penyedia dan stock hewan Qurban di Kabupaten Barito Utara:
1. Arjali Jl. Nenas, Sapi 75 ekor.
2. Amran Jl. Simpang LP III, Sapi 60 ekor.
3. Hadinur Yanto Jl. Ronggolawe, Sapi 100 ekor dan Kambing 150 ekor.
4. Teguh Santoso Jl. Brigjend Katamso, Sapi 50 ekor.
5. Ari Jl.Gg Srikandi, Sapi 40 ekor dan Kambing 40 ekor.
6. Suratman Jl. Kelud, Sapi 70 ekor.
7. Sarmo Jl. Simpang LP I, Sapi 15 ekor. 8. Mujono Jl. Rapen. 9. Budi Jl. Rapen. 10. Suwito Jl.Rapen.
11. Yordan Jl Rapen.
12. Kamdi Jl. Rapen. 13. Amiftahudin Jl. Wonorejo, Sapi 20 ekor dan Kambing 30 ekor. Jumlah Sapi 433 ekor dan Kambing 220 ekor, dengan total kumulatif 653. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url