Lagi-lagi Tongkang Senggol Lanting Warga



MURUNG RAYA_ Ini kejadian ketiga kali viral sebuah video yang memperlihatkan sebuah kapal tongkang menghantam lanting di pinggiran sungai. 

Hari ini ada dua kejadian sekaligus berada di wilayah hukum Kabupaten Murung Raya, peristiwa pertama terjadi kurang lebih pada pukul 14.00 WIB. 28/04/2023 Siang 

Lokasi kejadian di bawah Benteng Puruk Cahu, dari video yang beredar satu buah rumah lanting tertabrak tongkang yang tidak dapat dikendalikan, posisi arus deras di tikungan benteng kemungkinan menjadi penyebab nahkoda sulit mengendalikan kapal. Selain rumah lanting dua buah perahu klotok juga kena imbasnya. Bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Peristiwa kedua terjadi di Desa Makunjung Kecamatan Barito Tuhup Raya tepatnya di RT.3 kondisi air Barito yang surut membuat kapal kandas di hulu kampung. Tepat pada pukul 19.00 WIB kapal tongkang yang di duga kandas tersebut bergeser karena debit air tiba² naik. 

Terlihat kru kapal berusaha semampunya untuk menarik kap
al agar tidak menabrak lanting warga, namun nahas arus begitu kuat sehingga tabrakanpun tak dapat dihindari. Dari video yang beredar terlihat suara "video video" dalam keadaan panik. Saat di telusuri pemilik lanting adalah lanting punya  Bapak Diana yang tinggal di RT. 3 selain lanting tersebut ada lanting punya Bapak Misral. 

Kejadian ini sangat membuat trauma terutama warga yang tinggal di bantaran sungai Barito. Lalu lintas tongkang atau kapal besar bisa sangat membahayakan jika kondisi tak terkendali. Beruntung dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Pihak terkait sudah mengetahui hal ini. untuk dilakukan investigasi lebih lanjut, sehingga tidak ada pihak-pihak yang dirugikan atas peristiwa ini. 

*Kami sangat trauma dengan kejadian seperti ini, iya kebetulan kami masih belum tidur bisa menyelamatkan diri. Yag kami takutkan sewaktu kami tidur ada kejadian seperti ini bagaimana Naudzubillah semoga tidak terjadi. Ucap salah satu warga yg tidak mau di sebutkan namanya kepada mediakalteng. (Fdl)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url