Peringati HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Gubernur: Momentum Perkuat Sinergi Memacu Kemajuan Daerah

PALANGKA RAYA-MKNews-. Wakil Gubernur Edy Pratowo bertindak selaku Inspektur upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-78  Kemerdekaan RI tingkat Provinsi, yang digelar di Lapangan Kantor Gubernur, Kamis (17/8/2023).

Turut hadir antara lain Ketua dan para Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah Nuryakin, sejumlah Bupati/Walikota se-Kalteng, para Kepala Perangkat Daerah, para veteran, wredatama dan warakawuri.

Dalam amanat Gubernur yang dibacakannya, Wagub mengatakan bahwa kemerdekaan yang kita nikmati saat ini diraih melalui perjuangan berat dan panjang para pahlawan bangsa, yang  gigih dan tidak kenal menyerah melawan penjajah. 

"Sepatutnya kita mengenang dan menghargai jasa-jasa besar para pejuang kemerdekaan itu, dengan cara melanjutkan perjuangannya untuk membangun bangsa Indonesia yang maju, adil, sejahtera, dan berdaulat," ungkapnya. 

Lebih lanjut, bangsa Indonesia telah berhasil keluar dari ujian berat pandemi COVID-19. "Semua itu tentu berkat dukungan dan kerja keras kita bersama, seluruh elemen bangsa, tak terkecuali kita di Provinsi Kalimantan Tengah," ujar Wagub. 

Ia memaparkan pertumbuhan ekonomi kita tahun 2022 meningkat menjadi 6,45 persen, lebih tinggi dari angka nasional yang tumbuh 5,31 persen, laju inflasi di Kalimantan Tengah juga bisa dikendalikan bulan Juli 2023 sebesar 3,19 persen. 

Penanganan stunting di Kalimantan Tengah masih terus berlanjut dan menunjukan perbaikan kearah yang positif seiiring dengan penurunan angka stunting berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) sebesar 26,9 persen pada Tahun 2022 lebih rendah dari Tahun 2021 yakni sebesar 27,4 persen.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga fokus dalam sektor pembangunan infrastruktur untuk aksestabilitas dan pengembangan potensi daerah, diantaranya peningkatan kuantitas dan kualitas jalan, pembangunan RSUD Tipe B di Hanau, Pembangunan Bundaran Besar dan Bundaran Mahir Mahar, penataan Waterfront City Sungai Kahayan dan rencana pengembangan Kawasan Wisata Sebangau.

"Saya berharap, peringatan HUT RI ini dapat menjadi momentum bagi kita untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi, bahu-membahu memacu kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Harapan ini selaras dengan tema peringatan HUT ke-78 RI kali ini, yaitu: Terus Melaju untuk Indonesia Maju," kata Wagub. 

Gubernur melalui Wagub juga menyampaikan pesan agar kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) harus benar-benar ditingkatkan. Selain itu semua komponen masyarakat bersama-sama diharapkan mengawal dan mensukseskan Pesta Demokrasi Tahun 2024, agar berlangsung dengan bersih, lancar, aman, damai, dan kondusif.

Peringatan HUT Kemerdekaan ini dirangkai pula dengan pemberian remisi bagi warga binaan pemasyarakatan serta penyerahkan sejumlah piagam penghargaan dan trophi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url