Aldin Smith Warga Jakarta Utara Ditemukan Meninggal Dunia di Sungai Kapuas Setelah Tiga Hari Pencarian

PONTIANAK-MKNews-Seorang warga Jalan Kalibaru Barat, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, akhirnya ditemukan oleh tim SAR gabungan setelah tiga hari pencarian intensif. 

Korban ditemukan mengambang di Sungai Kapuas dalam keadaan tidak bernyawa.

"Hari ketiga pencarian, tepatnya pukul 08.40 WIB, tim SAR gabungan berhasil menemukan korban” ungkap Kepala Basarnas Pontianak, I Made Junetra dalam keterangannya sabtu 9 desember 2023.

Korban lanjutnya, ditemukan terapung di Sungai Kapuas, berjarak 500 meter dari lokasi tenggelamnya.

“Proses evakuasi dilakukan dengan lancar, dan korban kemudian diserahkan kepada pihak agen kapal”katanya.

Sebelumnya pada tanggal 7 Desember, diketahui bahwa seorang Anak Buah Kapal (ABK) bernama Yadi jatuh dari sebuah kapal nelayan yang bersandar di Pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Saat itu, korban tengah menyantap makan malam dan keluar untuk melihat situasi di luar kapal. 

Sayangnya, nasib tragis menimpanya ketika korban terpeleset dan tenggelam ke dalam sungai. 

Proses pencarian dilakukan dengan menggunakan pola pencarian visual menggunakan peralatan aqua eye dan penyelaman sejak korban terjatuh.

"I Made Junetra melanjutkan bahwa pencarian berlangsung intensif sejak kejadian, dan korban akhirnya ditemukan pada hari ketiga dalam keadaan meninggal dunia," tambahnya.

Sidik, komandan tim pencarian dari Basarnas Pontianak, menyebutkan bahwa pencarian pada hari pertama dilakukan dengan menyelam, tetapi mereka mengalami kendala karena jarak pandang yang sangat minim. 


"Tim gabungan telah melakukan tiga kali penyelaman pada hari pertama, namun belum berhasil menemukan korban karena visibilitas air sangat rendah, bahkan nol sama sekali," kata Sidik.

Untuk pencarian selanjutnya, tim SAR gabungan akan melakukan pencarian di permukaan dengan radius 3 mil ke arah hilir dan 3 mil ke arah hulu. 

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa korban telah tenggelam selama 24 jam, sehingga metode penyelaman tidak memberikan hasil yang memuaskan.

Berikut adalah data identitas lengkap korban warga Jakarta Utara yang ditemukan meninggal dunia di Sungai Kapuas :

1. Nama: Yadi berusia 27 Tahun

2. Pekerjaan: ABK Kapal Nelayan

3. Alamat: Jalan Kalibaru Barat, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Komentar