Percepat SPBE, Pemkab Kapuas Gelar Persamaan Presepsi Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana SPBE

KUALA KAPUAS, MKNews – Dalam rangka melaksanakan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Prepres Nomor 82 Tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Kapuas menyelenggarakan Kegiatan Persamaan Presepsi Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana SPBE Kabupaten Kapuas, bertempat di Aula Hotel Fovere, Rabu (5/6/2024).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Pj Bupati Kapuas yang diwakili Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Ahmad M Saribi didampingi Kepala Dinas Kominfosantik Kabupaten Kapuas Hartoni U Sawang dan dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Setda Kapuas Vitrianson, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Kapuas serta seluruh peserta yang terdiri dari Personal In Charge (Pic) dari seluruh Perangkat Daerah Pemkab Kapuas.

Dalam sambutan tertulis Pj Bupati Kapuas yang dibacakan oleh Asisten III Setda Kapuas menyampaikan SPBE adalah suatu gagasan dalam administrasi Pemerintahan yang mengusung konsep pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk meningkatkan efesiensi, transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

“Dengan adanya SPBE, diharapkan bahwa proses pengambilan keputusan Pemerintah dapat dilakukan secara lebih cepat dan efektif, menyederhanakan birokrasi, serta meningkatkan efesiensi pengelolaan sumber daya dan mengurangi tingkat korupsi. Adanya layanan Pemerintahan elektronik juga diharapkan dapat memberikan kemudahan akses bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi, mengajukan permohonan dan berintegrasi dengan instansi Pemerintah,” katanya.

Menurutnya, dalam mengimplementasikan SPBE diperlukan adanya koordinasi antar berbagai Lembaga Pemerintah, Pengembang Teknologi Informasi serta pihak terkait lainnya. Selain iti, perlu upaya maksimal dalam mengamankan data dan privasi pengguna juga menjadi perhatian utama dalam menjalankan system ini. Dengan dukungan yang baik dan komitmen penuh dari semua pihak terkait, SPBE dapat menjadi pilar penting dalam modernisasi Pemerintahan Indonesia, mendukung tranformasi digital dan memberikan manfaat yang signifikan bagi kemajuan bangsa.

“Kiranya kegiatan yang penting ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, baik oleh Diskominfosantik sendiri maupun para peserta yang terdiri dari seluruh Perangkat Daerah guna bersama-sama saling mendukung dalam mewujudkan SPBE sebagaimana yang kita harapkan,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Diskominfosantik Kabupaten Kapuas Hartoni U Sawang dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun kesepahaman diantara seluruh Perangkat Daerah tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), terutama kaitannya dengan penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana SPBE Kabupaten Kapuas.

“Kegiatan ini diselenggarakan atas Kerjasama Pemkab Kapuas melalui Diskominfosantik Kabupaten Kapuas dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Dengan peserta berjumlah kurang lebih 130 orang, yang berasal dari seluruh Perangkat Daerah, Rumah Sakit serta perwakilan 2 Kecamatan dan 3 Puskesmas yang berada dalam lingkup KotaKuala Kapuas,” jelas Hartoni.

Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Tenaga Ahli dari ITS Surabaya Tony D Susanto dan Tim Penyusun Arsitektur dan Peta Rencana SPBE dari ITS Surabaya Alvisi Aura.(Heri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url