Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Siaga Bencana Alam Di Makorem 102/Pjg




Palanka Raya MKNews- Cuaca akhir tahun 2019 ini, terdapat kecenderungan meningkatnya curah hujan. Bahkan sampai pada titik ekstrim. Untuk mengantisipasi hal tersebut Korem 102/Pjg dan jajaran menggelar apel siaga bencana terpusat dan tersebar. 

Apel terpusat wilayah Korem 102/Pjg digelar di lapangan bola kompleks olah raga terpadu Korem 102/Pjg pada Jumat (20/12).

 Dalam apel tefsebut dihadiri Gubernur yang diwakili Sekda Prov. Kalteng (bertindak selaku pimpinan apel), FKPD Kalteng, Kepala Kanwil Kemhan Kalteng, Dandim 1016/Plk, mewakili Kabinda, pimpinan BPB-BK Kalteng, Dan Yonif R 631/Atg, para Dan Ka Balak Aju, unsur pimpinan BPBD Kota Palangka Raya, staf BMKG Kalteng,  pimpinan dinas instansi terkait kebencanaan, para peserta apel dari TNI, Polri, Satpol PP, BPBD dan Tagana.

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Sekda, selaku pimpinan apel menyatakan,"Kegiatan apel ini merupakan  langkah awal kebersamaan semua elemen dalam siaga bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor wilayah Kalteng. Apabila ada kejadian bencana di daerah manapun kita sudah siap melakukan tindakan awal",tandasnya.

Sementara itu, Danrem 102/Pjg, Kolonel Arm. Saiful Rizal, S. Sos, dalam kesempatan memberikan keterangan kepada masyarakat melalui media usai apel menyatakan,"Apel siaga ini sebagai wujud kesiapan kita di Kalteng dalam.menghadapi setiap perkembangan terkait cuaca yang terkadang ekstrim dan menimbulkan bencana, baik banjir, angin puting beliung maupun tanah longsor. Apel ini melibatkan unsur pentahelic, dari semua sektor. Apapun persoalan rakyat, negara harus hadir dan dihadapi secara terpadu. Selain di tingkat provinsi, apel siaga juga dilaksanakan tersebar di seluruh wilayah privinsi Kalteng",tuturnya mantap.

Usai  apel siaga, Gubernur yang diwakili sekda, Danrem 102/Pjg, unsur FKPD, para unsur pentahelic meninjau kesiapan peralatan, kendaraan darat, kendaraan air, sarana komunikasi dan perlengkapan kesiapsiagaan bencana bantingsor lainnya.