Kabupaten Barito Utara Siaga Bencana Bantingsor



Muara Teweh - MKNews-Dalam rangka mengantisipasi bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor sebagai akibat cuaca yang cenderung ekstrim, Kabupaten Barito Utara  wilayah kodim 1013/Mtw menggelar apel siapa bencana di Muara Teweh dan Murung Raya pada Jumat (20/12).

Di Muara Teweh, bertindak selaku pembina apel Kepala BPBD Barito Utara, Gajali Montalatua, selaku  pemimpin apel Pasi Ops Kodim 1013/Mtw Kapten Inf Ngaijo.

Turut hadir dalam apel tersebut bupati Barito Utara, H. Nadalsyah, Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra, SH, Sekda Barito Utara Bpk. Ir. H. Jainal Abidin, M.AP, Dandim 1013/Mtw, Letkol Inf Yusan Riawan, mewakili Kapolres Barito Utara Aiptu Rasyid, mewakili Kepala Kejaksaan Barito Utara,  Rasyid, Kaban Kesbangpol Barito Utara,  Drs. Langkap Umar, para unsur FKPD/SOPD Barito Utara. Adapun pasukan yang terlibat terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Damkar, Manggala Agni, mahasiswa, pramuka dan masyarakat.

Pembina apel dalam kesempatan membacakan amanat  bupati Barito menyatakan,"Pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak atas kesungguhan dan kerja kera kerja keras dalam pengabdian demi kemanusiaan Sehingga dalam setiap kejadian bencana hadiran pemerintah dapat dirasakan oleh masyarakat. Ancaman serta bencana yang datang tidak dapat diprediksi. Untuk itu kita haruslah Siap bekerja keras menanggulanginya secara bersinergi kompak dan penuh rasa tanggung jawab"tandasnya.

Lebih lanjut, bupati dalam amanat apel yang dibacakan pembina apel menambahkan,  kerja keras tersebut sekaligus menjadi tanggung jawab kita kedepan untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan bencana yang meliputi antara lain meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan penanggulangan bencana, pengelolaan pemanfaatan dan pemeliharaan aset serta peralatan penanggulangan bencana, pemerintah daerah sebagai First responder penanggulangan bencana dan sekretaris Daerah selaku kepala BPBD Ex officio sebagaimana amanat undang-undang agar terus memperkuat kelembagaan BPBD menyiapkan dan melatih personil yang handal serta mengalokasikan dan meningkatkan dukungan anggaran yang memadai termasuk dana siap pakai bagi penyelenggaraan penanggulangan bencana, terus menggalang dan memupuk sinergitas antara pemangku kebijakan yang berhubungan dengan penanggulangan bencana, melibatkan pihak dunia usaha memberikan kemudahan bagi keterlibatan swasta dan masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Usai apel, Bupati Barito Utara, Dandim 1013/Mtw,,Kepala BPBD Barut didampingi unsur oentahelic lainnya meninjau kesiapan persnel, materil, sarana translortasi, komunikasi dan peralatan dalam menghadapi bantingsor.