Apel kesiapan angkutan laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan Sampit


Sampit, MK News-Kantor  Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit melaksanakan kegiatan Apel kesiapan angkutan laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan Sampit, selasa (18/12).

Ini bertujuan untuk memantapkan koordinasi antar petugas, instansi terkait, penyedia jasa, asosiasi dan stakeholder yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 sehingga diharapkan masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan lancar, aman, selamat, tertib dan nyaman.

Memasuki masa liburan Natal dan Tahun Baru yang sebentar lagi datang, akan terjadi peningkatan kegiatan mobilisasi masyarakat yang berdampak pada meningkatnya permintaan jasa angkutan, termasuk jasa angkutan laut. 

Untuk itu diperlukan persiapan untuk kelancaran, 2 ketertiban, keamanan dan keselamatan dalam penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

Kementerian Perhubungan menjadi salah satu instansi Pemerintah yang memegang peran sangat penting dalam penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru. 

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Kementerian Perhubungan khususnya oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk memastikan penyelenggaraan angkutan Nataru dapat berjalan dengan selamat, aman dan nyaman. 

Kesiapan Ditjen Perhubungan Laut telah dimulai sejak beberapa waktu lalu yang ditandai dengan adanya uji petik kelaiklautan kapal penumpang. Uji Petik yang dilakukan oleh seluruh UPT bertujuan untuk memastikan seluruh armada kapal yang akan melayani Angkutan Nataru telah memenuhi persyaratan kelaiklautan. 

Selain itu, bersamaan dengan penyelenggaraan Angkutan Laut Natal dan Tahun Baru akan dilaksanakan kegiatan pemantauan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan laut melaui Posko Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 terhitung mulai hari ini tanggal 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020. 

Dalam Sambutan Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo yang dibacakan Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit Kapten Thomas Chandra.

Dia meminta kepada para Kepala Kantor UPT Ditjen Perhubungan Laut untuk membentuk Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal dan Tahun Baru di pelabuhan masing-masing dengan melibatkan instansi dan stakeholder terkait di pelabuhan serta melaporkan perkembangannya setiap hari ke Posko Kantor Pusat Ditjen Perhubungan Laut.

Kepala Kantor (KSOP) Sampit Kapten Thomas Chandra ketika diwawancarai beberapa media baik cetak maupun elektronik mengatakan “kita bersama-sama melaksanakan apel gabungan yang diikuti Kodim, Polres, Pelindo, Pelni, Basarnas dan instansi yang terkait,  mudah-mudahan berjalan lancar dalam melayani saudara kita yang melakukan mudik natal dan tahun baru, sedangkan kapal yang disiapkan 4 yaitu Pelni. Kalimutu Kirana 3 Dan Kirana 1” ujarnya. (A R).