DPP TCW Angkat Bicara Karena Oknum LSM Disentil Bupati Katingan


KASONGAN- MKNews- Ketua Umum Transparent Corruption Watch (DPP-TCW) Menanggapi Pernyataan Bupati Katingan, Sakariyas, dimana Bupati menyentil bahwa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di daerahnya disinyalir selalu mencari kesalahan.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati kepada anggota DPR RI Komisi VII dapil Kalimantan Tengah Willy M Yoseph saat kunjungan kerja ke Pemkab Katingan, Senin, (30/12/2019) yang lalu.

Apri Nandau Ketua Umum DPP TCW mengklarifikasikan pernyataan tersebut, menurutnya jika memang demikian, ada oknum LSM yang selalu mencari kesalahan pekerjaan, silakan untuk koordinasi dimana letak salahnya, atau dilaporkan saja bila terindikasi menghalang - halangi pekerjaan.

“Laporkan jika memang ada oknum LSM yang selalu mencari kesalahan dengan tudingan yang tidak mendasar. kalau memang tidak sesuai fakta tudingan itu jangan takut, karna ini negara hukum,” tegas Apri, Sabtu (4/1/2020).

Lebih lanjut, Apri Nandau mengatakan bahwa pihaknya dari DPP TCW, menyampaikan secara khusus dan sangat Mendukung penuh program pemerintah di segala bidang.

adapun terkait dengan pengawasan Inspektorat, itu merupakan pengawasan internal dari pemerintah. sedangkan kami adalah pengawasan Eksternal non pemerintah (masyarakat) yangmana ikut serta membantu pengawasan inspektorat karena tidak semua seluruh kegiatan itu bisa di awasi oleh inspektorat.

saya contohkan kasus – kasus yang ditangani DPP TCW saat ini yang sudah naik perkara, ini membuktikan bahwa pihak internal membutuhkan dari kami pihak Eksternal, dengan faktanya ini membuktikan, masih ada celah  dugaan tindak pidana korupsi dalam pengawasan internal.

LSM itu adalah Mitra kerja pemerintah yang senantiasa memberikan kontribusi sebagai alat kontrol (penyeimbang) segala kegiatan, jika memang tidak menerima kehadiran LSM atau Keberadaan LSM, cabut saja Peraturan atau Undang-undang terkait dasar hukum LSM yang ada.

khususnya LSM DPP TCW itu memberikan masukan dan pendapat kepada pemerintah maupun penegak hukum agar harus bertanggung jawab.

Beberkan Saja jika ada oknum LSM tidak bertanggung jawab jangan malu-malu untuk menyampaikan, karena jika tidak dibeberkan berpengaruh ke Dewan Pengurus LSM lain,” imbuhnya.

Apri nandau menambahkan, saya selaku ketua umum DPP-TCW juga mengutip dari berita yang diterbitkan SULBAR99.COM-JAKARTA, dimana dalam berita tersebut, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengimbau agar institusi sipil seperti lembaga swadaya masyarakat (LSM) ikut melakukan evaluasi.(Drt/Red).
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url