Utamakan Keselamatan Bukan Kecepatan, Itu Himbauan Kamseltibcar Lantas Polres Barut


Muara Teweh, MKNews-Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Barito Utara melaksanakan kegiatan Himbauan Kamseltibcar Lantas dan Mensosialisasi Indonesia tertib 2020 dan tujuh fokus kepada Road Safety tahun 2020, di Jalan Negara Muara Teweh Km.7 SPBU Kelurahan Jingah, dan Jalan Negara Muara Teweh-Km 35 Kandui, Kabupaten Barito Utara. Jumat 14/02/2020.

Kasat Lantas Polres Barito Utara AKP Asdini Pratama Putra, S.IK mengatakan selain menghimbau dan mensosialisasi, pihaknya mengajak kepada pengguna jalan menjadi pelopor keselamatan Berlalu Lintas dan mengutamakan keselamatan bukan kecepatan. Maksudnya supaya para pengguna jalan lebih berhati-hati saat mengemudikan kendaraan di jalan," kata Asdini.

Adapun Himbauan Kamseltibcar Lantas yang disampaikan yaitu, tidak menggunakan Helm SNI, berkendara dalam keadaan mabuk, dan melebihi batas kecepatan maximal, pengendara dibawah umur, tidak menggunakan sabuk keselamatan, mengunakan Hp saat berkendara dan berkendara melawan arus," jelasnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kanit Patroli Sat Lantas Polres Barut, Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Barut, Anggota unit Patroli Satlantas Res Barut Brigpol S. Hendika, Brigpol Solihin dan Briptu Arya, Anggota unit Dikyasa Satlantas Brigpol Rain.A dan Anggota unit laka Satlantas Res Barut Bripka Debie, Panit Lantas Teweh Tengah Aiptu Suprianto," ungkapnya.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan memberikan Himbauan Kamseltibcar Lantas kepada para pengguna jalan dan melaksanakan pemeriksaan kendaraan baik baik R4, R6/ lebih serta memberikan brosur/leaflet bagi pengguna jalan yang melintas di area SPBU maupun di Jl. Negara Km 35 arah Kandui.

Dari hasil pemeriksaan kendaraan bermotor terjaring 6 pelanggar dengan barang bukti SIM 3 lembar dan STNK 3 lembar, serta diamankan mobil tangki warna merah putih No. Pol DA 8782 HC bermuatan BBM 5000 liter dari Banjarmasin dan distribusikan ke Kecamatan Gunung Purei (Lampeong) yang dikemudikan Khairul bersama penumpangnya digiring ke Mapolres Barito Utara, diduga memalsukan SIM," pungkasnya. (Led)