Penambahan Positif Covid-19 Di Kalteng Meningkat


Palangka Raya -MKNews-Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) menyampaikan,Saat ini terjadi penambahan dalam jumlah besar pada kasus positif Covid-19 di wilayah Kalteng,

Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran pada saat press release melalui live streaming di media sosial (Medsos) Facebook MMCtv Kalteng, di Istana Isen Mulang, Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Kalteng,Rabu,15-4-2020.


Ketua Gugus Tugas Covid 19 Gubernur Kalteng Sugianto,menyampaikan,Total kasus positif Covid-19 sampai dengan hari ini Rabu, (15/04/2020) pukul 15.00 WIB, berjumlah 33 orang. Data per Selasa, (14/04/2020) pukul 15.00 WIB menyebutkan bahwa total kasus positif hanya berjumlah 25 orang.



Penambahan pasien terbesar dalam 24 jam terakhir yakni di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya sebanyak 4 orang dan RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun sebanyak 4 orang.


Lebih lanjut disampaikan, total kasus positif sebanyak 33 orang, masing-masing 23 orang masih dalam perawatan, 8 orang dinyatakan sembuh dan 2 orang meninggal dunia.

Ke 23 orang yang sedang menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan, kini berada di RSUD Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya 11 orang, RS Sultan Imanuddin (RSSI) 8 orang dan RSUD Murjani Sampit 4 orang.

Sementara, 8 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya.

Sementara, 2 orang yang meninggal yakni 1 orang merupakan pasien rujukan dari Kapuas yang di rawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan 1 orang lagi, diketahui meninggal pada Selasa (14/04/2020) sore. Pasien meninggal yang baru ini merupakan pasien sedang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya.

Untuk jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP) dan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) pada hari ini mengalami pengurangan.

Jumlah ODP di wilayah Kalteng pada hari ini mengalami pengurangan yakni sebanyak 38 orang. Pengurangan tersebut berdasarkan pada 24 jam terakhir. ODP pada hari ini tersisa 374 orang, dimana diketahui pada hari sebelumnya (14/04/2020) berjumlah 412 orang. ODP terbanyak tetap berada di Kabupaten Kotawaringin Barat berjumlah 75 orang.

Sama halnya dengan jumlah PDP yang turut mengalami pengurangan. Total kasus PDP pada hari ini berjumlah 68 orang. Data pada hari sebelumnya menyebutkan berjumlah 72 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya tetap berjumlah 49 orang, PDP di RSSI Pangkalan Bun berkurang menjadi 4 orang, dimana dalam kurun waktu 24 jam terakhir berjumlah 8 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap berjumlah 12 orang, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas tetap 1 orang, PDP di RSUD Tamiang Layang Barito Timur tetap 1 orang dan PDP di RSUD Muara Teweh Barito Utara menjadi 1 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 16 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 4 orang, Kabupaten Barito Utara 7 orang, Kabupaten Murung Raya 10 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 7 orang, Kabupaten Pulang Pisau 5 orang, Kabupaten Katingan 5 orang, Kabupaten Barito Selatan 6 orang, Kabupaten Seruyan 1 orang, Kabupaten Gunung Mas 3 orang, Kabupaten Lamandau 1 orang, Kabupaten Kapuas 2 orang dan Kabupaten Barito Timur 1 orang.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 112 orang dinyatakan negatif, 15 orang di RSSI Pangkalan Bun dan 1 orang di RSUD Murjani. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 69 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 4 orang dan RSUD Murjani berjumlah 12 orang.

Terkait telah terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 dalam jumlah banyak pada saat ini, orang nomor satu di Tambun Bungai mengatakan bahwa pihaknya akan memperpanjang Status Tanggap Darurat Bencana Pandemi Covid-19 di wilayah Prov. Kalteng, terhitung sejak tanggal 17 April 2020 mendatang sampai dengan tanggal 25 Juni 2020, yakni selama 70 hari.

Wilayah yang termasuk zona merah masih berada pada 6 Daerah, yakni Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Katingan.

Sumber:MMC kalteng
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url