BPN Kalteng Benahi Layanan dan Bantu Warga Terdampak Corona


PALANGKA RAYA – MKNews-Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) turut berpartisipasi mencegah penyebaran Covid-19 serta mengantisipasi dampak sosial ekonminya bagi masyarakat. Peran yang dilakukan BPN berupa penyesuaian sistem layanan pertanahan dan pemberian paket bantuan sembako bagi warga terdampak Covid-19.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Kalteng Drs Pelopor M.Eng SC saat menyerahkan paket bantuan sembako kepada Ketua Serikat Media Siber Indonesa (SMSI) Provinsi Kalteng H Sutransyah untuk didistribusikan kepada warga terdampak Covid-19, di Palangka Raya, Rabu (15/4/2020).

“Kami memahami pencegahan penyebaran Covid-19 ini salah satunya dengan cara membatasi mobilitas dan aktivitas masyarakat. Ada kalangan yang mengalami dampak ekonomi dari kebijakan ini, khususnya masyarakat kurang mampu. Untuk itu kami berinisiatif memberikan bantuan kepada mereka,” kata Kakanwil BPN Provinsi Kalteng yang hadir didampingi Kepala Bidang Infrastruktur Pertanahan Ir Hartono, Kepala Bidang Hubungan Hukum Pertanahan Agus Murdani SH MH, dan Kepala Bagian Tata Usaha Ferri Saragih S.SiT MH.

Dijelaskannya, selain bantuan langsung kepada masyarakat, pihaknya juga terus melakukan penyesuaian sistem layanan pertanahan bagi masyarakat sebagai bagian dari partisipasi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Di antara penyesuaian itu, yakni pembatasan jumlah pegawai yang bertugas melayani masyarakat setiap harinya, maupun jumlah warga yang melakukan pengurusan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penumpukan masyarakat saat pandemi Corona di kantor BPN.

Selain itu, BPN juga terus mengoptimalkan layanan pengurusan legalitas pertanahan masyarakat secara dalam jaringan (daring) atau online.

“Kuantitas layanan secara daring ini mengalami peningkatan. Kemungkinan karena masyarakat banyak berdiam di rumah sehingga memiliki lebih banyak waktu untuk mengurus tanahnya,” ujar mantan Kepala BPN Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan itu.

Ditambahkan Pelopor, pembenahan juga dilakukan dengan pembukaan layanan “pintu kemana saja”, di mana masyarakat yang memiliki tanah di daerah lain tetap dapat  mengurusnya di kantor BPN terdekat.

“Jadi,  masyarakat tidak perlu datang mengurus tanahnya ke kantor BPN di daerah tanah itu berada. Cukup ke BPN terdekat juga sudah bisa kita layani. Ini juga upaya kita meminimalisir mobilisasi masyarakat dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona,” sebutnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua SMSI Kalteng H Sutransyah menyampaikan terimakasih dan penghargaannya kepada Kepala BPN dan jajaran atas bantuan sembako untuk masyarakat ini. 

SMSI, kata Sutransyah, siap membantu mendistribusikan paket-paket bantuan ini kepada warga yang layak menerimanya. (RED)