Mantan Kasad, Jenderal TNI Purn Pramono Edhie Wibowo Tutup Usia



JAKARTA-MKNews- Innalillahi wa innailaihi rojiun. Kabar duka datang dari keluarga besar TNI AD. Mantan Kasad, Jenderal TNI Purn Pramono Edhie Wibowo, meninggal dunia dalam usia 65 tahun, pada hari Sabtu malam pukul 19.30, tanggal 13 Juni 2020 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Cimacan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, karena Sakit. Almarhum beserta keluarganya sedang berlibur di Kediaman Ds. Ciwalen Kec. Sukaresmi dan mendadak sakit dengan diagnosa serangan jantung.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus dalam keterangan persnya di Jakarta, Sabtu malam (13/6/2020).

Dijelaskan oleh Kadispenad bahwa "Saat ini Jenazah Almarhum masih dalam perjalanan dari di RSUD Cimacan menuju ke tempat persemayaman di Rumah Duka dengan Alamat Puri Cikeas Indah No. 08 RT 03 RW 02 Jl. Alternatif Cibubur Nagrak, Kec Gunung Putri, Bogor 16967, Jawa Barat Indonesia dan rencana besok akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan pada hari Minggu (14/6).
 
Diungkapkan Kadispenad bahwa bahwa Jenderal TNI Purn Pramono Edhie Wibowo, kelahiran Magelang, 5 Mei 1955 merupakan Kasad ke-27 yang menjabat sejak tanggal 30 Juni 2011 hingga  20 Mei 2013. Sebelumnya Almarhum juga pernah menjabat sebagai Pangkostrad, Panglima Kodam III/Siliwangi dan Komandan Jenderal Kopassus 

Berbagai tanda jasa kehormatan negara yang dianugerahkan kepada almarhum yaitu Bintang Mahaputra Utama,Bintang Dharma, Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Jalasena Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama, Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Yudha Dharma Pratama, Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Kartika Eka Paksi, Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera/Singapura), Meritorious Service Medal, SL. Dharma Bantala, SL. Kesetiaan XXIV, SL. Kesetiaan XVI,  SL. Kesetiaan VIII, SL. GOM VII, SL. GOM IX, SL. Ksatria Yudha, SL. Seroja, SL. Dwidya Sistha, SL. Wira Karya

Almarhum Jenderal TNI Purn Pramono Edhie Wibowo, meninggalkan seorang istri bernama Ny. Kiki Gayatri dan dua orang anak bernama Patri Astuti Dewi Anggrain dan Dewanto Edhie Wibowo

“Sebagai bentuk penghormatan dan rasa duka cita yang mendalam atas kepergian Almarhum Jenderal TNI Purn Pramono Edhie Wibowo, seluruh satuan jajaran TNI Angkatan Darat mulai hari Minggu (14/6) selama 7 hari mengibarkan bendera setengah tiang,” pungkas Nefra. (Dispenad)
[14/6 14.22] Kapen Korem Myr Mukalil: Maksimalkan Penegakan Disiplin, Dandim 1013/Mtw Blusukan ke Pasar

Barito Utara, Sabtu (13/6/20) - Upaya maksimal dilakukan oleh Kodim 1013/Muara Teweh untuk mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Hal ini nampak kemarin saat Komandan Kodim 1013/Mtw, Letkol Inf Yusan Riawan, S.I.P., ikut terjun langsung ke sejumlah pasar untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan di Barito Utara.

Bersama unsur pimpinan daerah seperti Kapolres Barito Utara, Sekda Kab. Barito Utara dan stake holder terkait, Dandim 1013/Mtw blusukan di pasar dan sarana publik lainnya untuk memberikan imbauan kepada masyarakat.

"Kita unsur pimpinan daerah, terjun langsung ke sejumlah pasar, sebagai tempat keramaian, untuk melihat sejauh mana hasil penegakan disiplin yang telah dilaksanakan beberapa hari ini," tandasnya saat memberikan keterangan.

Menurutnya, ada banyak kemajuan,  namun tetap harus bekerja keras untuk menegakkan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan. 

"Ada warga yang telah patuh,  namun ada juga warga yang perlu diingatkan. Untuk itu upaya ini akan terus kita lakukan," katanya.

Sementara itu,  Sekda Kab. Barito Utara,  H. Zainal Abidin, menyampaikan kondisi Barito Utara saat ini termasuk daerah yang cukup kondusif,  tergolong yang beresiko rendah terkait Covid-19. 

"Namun kita tetap harus waspada dan bekerja keras dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di antaranya memakai masker, rajin cuci tangan dan menjaga jarak. Apabila konsisten dengan tiga hal tersebut,  Insya Allah Barito Utara akan aman dan lebih baik lagi. Kami mohon kerja samanya," harapnya mengakhiri.
[14/6 14.22] Kapen Korem Myr Mukalil: Kodim 1012/Btk Terus Sosialisasikan Tatanan Normal Baru Kepada Masyarakat

Barito Selatan, Sabtu (13/6/20) - Menjelang pelaksanaan serta mendukung rencana kebijakan pemerintah terkait penerapan New Normal atau normal baru. 
Kodim 1012/Buntok menggelar sosialisasi ke masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari. Penegakan disiplin protokol kesehatan digelar oleh Kodim 1012/Btk di wilayah Barito Selatan dan Barito Timur.

Sosialisasi dilakukan oleh Kodim 1012/Btk bersama stake holder lainnya yang tergabung dalam Satgas Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dengan sasaran pusat aktifitas kegiatan masyarakat, perekonomian dan kegiatan sosial. Untuk di Barito Selatan sosialisaai dilakukan di 12 titik lokasi. Sedangkan di Barito Timur ada 11 titik lokasi.

Dandim 1012/Btk, Letkol Inf Tuwadi menjelaskan, langkah tersebut terus dilakukan pihaknya agar masyarakat dapat disiplin mematuhi protokol kesehatan, sesuai yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka pencegahan Covid-19.

"Kita terus imbaukan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan diri, salah satunya dengan selalu menggunakan masker dan menjaga jarak aman di tempat umum," katanya.

Menurutnya, untuk menuju tatanan normal baru, masyarakat harus patuh dan disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan bagi diri masing-masing dalam setiap aktivitas sehari-hari.

"Kebijakan penerapan protokol kesehatan ini agar perekonomian dapat berjalan kembali dan masyarakat bisa produktif namun aman dari penyebaran Covid-19," pungkas Letkol Inf Tuwadi mengakhiri.
[14/6 14.29] Kapen Korem Myr Mukalil: Dandim Palangka Raya Pimpin Apel Gelar Persiapan Penyemprotan Pasar Besar  

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palangka menggelar apel persiapan penyemprotan disinfektan di kawasan pasar besar. Apel dilaksanakan di Makodim 1016 Palangka Raya, Minggu 14 Juni 2020.

Hadir dalam kegiatan ini, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Dandim 1016/Plk Kolonel Inf I Gede Putra Yasa, Kapolresta Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri, Kepala Satpol PP Yohn B.G Pangaribuan, AP, Kepala Dinas Kesehatan Andjar Hari Purnomo, Kepala Dinas Perdagangan Rawang, Kepala BPBD Emi Abriyani serta seluruh unsur gugus tugas Covid-19.

Dalam arahannya, Dandim 1016 Palangka Raya, Kolonel Inf I Gede Putra Yasa menyampaikan agar tim yang bertugas melakukan penyemprotan selalu waspada serta menjaga kesehatan sesuai protokol berlaku.
"Semua tim yang nantinya melakukan penyemprotan jangan lupa melengkapi diri dengan APD. Setelah selesai langsung bersihkan diri baru kembali ke rumah untuk menjaga diri dan keluarga," ucapnya.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya, Emi Abriyani menambahkan, terkait jumlah positif Covid-19 klaster Pasar Besar Palangka Raya hingga Minggu 14 Juni 2020 terkonfirmasi sebanyak 96 orang. Sebanyak 6 orang di antaranya meninggal dunia.
"Yang positif jadi 96 dan meninggal dunia bertambah 2 orang," katanya.

Untuk menghentikan penyebaran dari klaster tersebut meluas, pemerintah setempat telah melakukan penutupan sementara pasar besar untuk dilakukan penyemprotan di seluruh kawasan itu

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan, Rawang membagikan regu tim untuk langsung menuju beberapa lokasi yang sudah ditetapkan.

Di antaranya, Jalan Jawa, Jalan Sumatera, Jalan Darmosugondo, Jalan, Irian dan beberapa kawasan lain di pasar besar.
Penyemprotan disinfektan di kawasan tersebut telah melalui koordinasi bersama pedagang. Sementara dilakukan penyemprotan tidak ada aktivitas jual beli di sana. (Pendim 1016/Plk)