Acara Adat Kesultanan Kotawaringin Sambut Kedatangan Letkol Arh Drajad Tri Putro di Kodim 1014/Pbn


Kotawaringin Barat MKNews-- Tradisi dalam rangka menyambut Komandan Kodim (Dandim) 1014/Pbn yang baru yakni Letkol Arh Drajad Tri Putro S.E, bersama Istri, bertempat di Makodim 1014/Pbn Jln. Pangeran Antasari Kelurahan Raja Kec. Arut Selatan Kab. Kotawaringin Barat, Jumat (07/08/2020).

Kegiatan tradisi penerimaan Dandim 1014/Pbn yang baru merupakan kegiatan yang selalu dilaksanakan setiap kali hadir seorang pemimpin yang akan menempati jabatan Dandim 1014/Pbn. Kegiatan yang dihadiri juga oleh Asisten II Kab. Kobar Bpk Tengku Ali Sahbana, Wakapolres Kobar Kompol Boni Ariefianto, Wakil Ketua DPRD Kobar Ir. Bambang Purwanto, Kepala Kantor Departemen Agama Kobar, Perwakilan Lanud Iskandar Pangkalan Bun dan Pos Angkatan Laut Kumai tersebut bertujuan untuk memupuk dan meningkatkan jiwa korsa serta rasa bangga terhadap satuan sehingga akan terwujud semangat juang yang tinggi pada setiap prajurit dalam mengemban tugas-tugas selanjutnya.

Tradisi penyambutan tersebut diawali dengan penghormatan oleh Kasdim 1014/Pbn dalam hal ini diwakili oleh Perwira penghubung Kabupaten Sukamara Mayor Inf Enggarsono S.H, Kemudian dilanjutkan dengan Upacara Pedang Pora oleh seluruh Danramil dan Perwira Staf kodim dan dilanjutkan dengan Komandan Kodim beserta Istri memasuki Kodim 1014/Pbn.

Setelah memasuki Kodim, acara dilanjutkan dengan acara adat dari kesultanan Kutaringin yaitu tarian dan kuntau /silat serta Sambutan dari Pangeran Muasjidinsyah selaku ketua kekerabatan Kesulatanan Kutaringin dengan melaksanakan Tapung Tawar.

Usai acara adat Komandan Kodim yang Baru berjalan menuju lingkungan perkantoran Kodim diiringi oleh para Perwira dan pengurus Persit KCK cabang XL Kodim 1014/Pbn menuju ruangan Komandan Kodim.

Saat acara tatap muka bersama Keluaraga Besar Kodim 1014/Pbn, Dandim yang baru Letkol Arh Drajad Tri Putro mengungkapkan akan melanjutkan kepemimpinan yang telah dirintis pejabat dandim sebelumnya yang sudah cukup baik.

“Kami mempunyai niat tulus dalam mengemban amanah yang diberikan pimpinan atas dan tentunya kami juga akan memberikan yang terbaik bagi Kodim ini ” jelas Letkol Tri Putro.

Ia juga berharap bisa selalu bersinergi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kotawaringin Barat dengan baik. Ia bertekad mewujudkan pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Fokusnya, nanti saya akan maksimalkan program teritorial, karena pandemi covid -19 jadi ada beberapa yang tertunda nanti akan dilanjutkan. Termasuk Percepatan penanganan covid ini,” katanya.