Gedung Pengadilan Negeri Pulang Pisau akan di Bangun dengan Anggaran 26 Milyar..



www.mediakalteng.com -Pulang Pisau- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Makamah Agung (MA) Ke-75, yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2020, Pengadilan Negeri (PN) Pulang Pisau, mendapat kado istimewa, berupa pembangunan Gedung Pengadilan Negeri (PN) Pulang Pisau yang terletak di Jalan Trans Kalimantan, (samping Kantor Polres Pulang Pisau). 

Ketua Pengadilan Negeri Pulang Pisau, Agung Nugroho, SH mengatakan, Pihaknya menerima informasi dari bagian sekretariat PN Pulang Pisau dan surat dari Makamah Agung (MA), perihal terkait pembangunan Gedung PN Pulang Pisau. 

Pembangunan gedung ini katanya, akan dibangun diatas tanah seluas 1 hektar, 
dengan luas gedung 2400 meter lebih, diibangun diatas tanah hibah Pemkab Pulang Pisau, dengan total nilai anggaran sebesar 26 milyar, dengan rincian tahun 2020 sebesar 6 milyar, pada tahun 2021 sebanyak  20 Milyar, dan akan segera dilaksanakan pembangunannya.  

“ Insya Allah, di akhir bulan Agustus ini kita siap melakukan pelelangan pembangunan gedung PN Pulang Pisau, " kata Agung Nugroho, usai mengikuti acara HUT MA Ke-75 secara virtual di PN Pulang Pisau,Rabu (19/08/2020). 

Dijelaskannya pula, berdasarkan informasi dari KPA PN Pulang Pisau, proses pelelangan sudah siap diserahkan kepada MA untuk dilakukan pelelangan oleh Tim Pokja MA, sehingga diperkirakan diakhir bulan September atau awal Oktober bisa dilakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung PN Pulang Pisau. 

Lanjutnya menyampaikan, Sejatinya pembangunan gedung PN Pulpis sudah terealisasi tahun 2020 ini. Namun karena pandemi covid-19, sehingga ada perubahan pembangunan - pembangunan fisik, yang tadinya dilaksanakan satu kali pembangunan selesai, namun akibat dengan pandemi covid-19 ini pembangunan gedung dilaksanakan melalui sistem multi year.  

“Jadi pembangunan gedung PN Pulang Pisau pada tahun 2020 dilaksanakan 3 bulan, Kemudian selama 5 bulan pada tahun 2021 dan Insya Allah, sesuai dengan skedul, dan tidak ada halangan pada bulan Mei 2021 sudah selesai pembangunannya”, paparnya. 

Menurut Agung, dengan nilai pembangunan mencapai 26 milyar, gedung PN tersebut belum sempurna, namun sudah layak digunakan sebagai kantor dan bisa ditempati. Meski begitu, pihaknya pun sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, karena sangat mendukung penuh terhadap pembangunan gedung tersebut. 

“Bupati sudah memberi sinyal akan membantu sarana dan prasarana gedung tersebut, dengan catatan tidak ada tumpang tindih dalam pelaksanaannya. Anggaran DIPA pemerintah pusat jelas, dan kekurangan pembangunan gedung akan dibantu Pemkab Pulang Pisau”, tutupnya. (Drt)