Personel Koramil 01/Arsel Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan


Pangkalan Bun -MKNews- Bersama BPBD Kobar, dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Danramil 1014 - 01/Arut Selatan Lettu Inf Faturrahman pimpin langsung pemadaman Kebakaran Lahan di Pangkalan Bungur Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan Kab. Kotawaringin Barat, Senin (31/08/2020).

Meskipun akses menuju titik api sangat sulit karena jalan yang berlumpur dan harus dilanjutkan lagi dengan naik perahu, serta dipenuhi semak belukar dan lahan gambut, namun semangat Tim gabungan yang terdiri dari TNI, BPBD, dan MPA yang dikomandoi Koramil 01/Arut Selatan tetap berupaya keras untuk memadamkan Kebakaran Lahan tersebut.
Titik terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terletak pada satu hamparan di pangkalan Bungur Kelurahan Baru dengan jarak tempuh dari Markas Koramil 04 ke lokasi Karhutla sekitar 28 Kilometer," papar Danramil 01/Arut Selatan Lettu Inf Faturrahman.

Dikatakan Danramil, meski angin kencang acap berubah rubah arah dan pasokan sumber air sulit didapat, namun semangat memadamkan api tak pernah surut sejengkal pun.

Tim gabungan  terus  berupaya memadamkan api di lokasi yang jenis tanahnya gambut ditambah lagi Lahan yang terbakar berupa semak belukar kering sehingga sulit untuk dipadamkan.

"Untuk penyebab kebakaran masih belum diketahui, titik api terdeteksi oleh Satelit Lapan Tera pada Senin 31 Agustus 2020, "Ungkap Danramil.

lettu Inf Faturrahman juga menyatakan melarang keras warga membakar lahan untuk alasan apapun. "Alasan apapun tidak dibenarkan membakar lahan karena banyak yang akan dirugikan, "tegasnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url