Kodim 1013/Mtw Perkuat Kesadaran Kolektif Berbasis Ormas Keagamaan



Muara Teweh -MKNews- Kodim 1013/Mtw memperkuat kesadaran kolektif berbasis ormas keagamaan dalam penerapan  protokol kesehatan untuk menghambat laju penularan covid-19 pada beberapa waktu yang lalu.

Perhelatan yang diinisiasi Dandim  1013/Mtw, Letkol Kav Rinaldi Irawan, M.Han., berlangsung di aula makodim setempat dalam suasana penuh kebersamaan dalam kekeluargaan. Hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah tokoh dari organisasi keagamaan yang tergabung dalam FKUB, unsur dari MUI Barito Utara, pimpinan NU, pimpinan  Muhammadiyah, Fordayak, Gerdayak dan  Banser.

Terkait hal tersebut, Dandim 1013/Mtw, Letkol Kav Rinaldi Irawan, M.Han., menyatakan,"Sebagaimana kita tahu bahwa saat ini pandemi covid-19 masih menjadi ancaman. Oleh karena itu salah satu upaya kita mengundang para tokoh agama yang tergabung dalam FKUB maupun ormas keagamaan untuk memperkuat kesadaran kolektif dalam mentaati protokol kesehatan, sebagai upaya mencegah merebaknya covid-19 di masyarakat.

 Sebagai sosok yang ditokohkan, para pemuka agama dan ormas dapat menjadi garda terdepan dalam penegakan protokol kesehatan dengan memberi edukasi dan sosialisasi di masyarakat", tandasnya.

Sementara itu, perwakilan dari PD Muhammadiyah Barito Utara, Rohyal Usmani, menyatakan,"Saat  ini perangkat sistem penegakan protokol kesehatan telah cukup lengkap. Hal yang penting adalah maksimalisasi sistem di semua lini kehidupan. Kita menyadari, masih banyak masyarakat yang belum menyadari bahwa ketidakpatuhan terhadap protokol kesehatan akan membahayakan diri dan orang lain. Inilah perlunya sinergi yang kuat seluruh elemen. Saya mengapresiasi langkah Kodim 1013/Mtw untuk kegiatan ini", tuturnya.

Sepakat dengan yang mewakili PD Muhammadiyah,  perwakilan dari gerja Katolik, Rolinda, menyatakan," Apresiasi yang tinggi kami berikan kepada Kodim 1013/Mtw, yang telah menginisiasi pertemuan ini.

 Saat inilah kita kuatkan komitmen kebersamaan para tokoh lintas agama dan ormas untuk memperkuat kesadaran kolektif masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan. Semua lini ambil peran sesuai bidang tugasnya,maka covid-19 bisa dihambat", tuturnya mantap.