Hati-Hati, Penipuan Online di Masa Pandemi

Sampit- MKNews- (01/02/2021) - Kapolsek Ketapang jajaran Polres Kotim Polda Kalteng, KOMPOL. Yosep Thomas Tortet mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap penipuan jual beli online. Pasalnya, kasus ini bisa saja terjadi di masa sulit seperti pandemi saat ini.

”Jangan mudah percaya terhadap jual beli online, apalagi barang yang ditawarkan harganya sangat murah sekali. Karena, tidak menutup kemungkinan itu adalah penipuan,” ucap Tortet. 

Ia juga menyampaikan, kejahatan penipuan online menyasar terhadap masyarakat yang tergiur dengan harga jual yang tentunya sangat murah. Apalagi, masyarakat itu tertarik dengan iming-iming hadiah yang akan diberikan.

”Di masa pandemi seperti saat ini, masyarakat lebih suka belanja secara online. Ini yang menjadi masalahnya, para pelaku kejahatan online pasti akan memanfaat situasi seperti saat ini,” bebernya.

Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat khususnya masyarakat yang berada di wilayah hukum Polsek Ketapang, agar lebih hati-hati dengan modus penipuan berbasis internet tersebut.

Caranya yakni sebelum membeli barang via online, pastikan dan dicek dengan teliti terlebih dahulu. ”Jangan terpengaruh dengan hadiah, pastikan orang itu siapa dan dibujuk rayu apapun melalui medsos,” tandasnya. (Fjr-Ktpg)

Komentar