Musim kemarau tiba polsek Lamandau larang warga bakar lahan

Lamandau –MKNews- Peralihan musim mulai terasa di Kabupaten Lamandau, intensitas hujan mulai menurun dan siang hari terik matahari terasa lebih panas menandakan musim kemarau segera Tiba.

Di saat musim kemarau rentan terjadi bencana kebakaran, yang mana kejadian kebakaran hutan lahan (Karhutla) di wilayah Indonesia masuk menjadi isu nasional.

Adapun langkah antisipasi terjadinya karhutla di wilkumnya, Polsek Lamandau Polres Lamandau Polda Kalteng melakasanakan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Karhutla, Rabu (10/2/2021) di Desa Penopa.

Kapolsek Lamandau Ipda Herman Panjaitan. S.H, menyampaikan pada saat musim kemarau di wilayahnya sering terjadi kebakaran hutan dan lahan, adapun sumber api kebanyakan berasal dari lahan yang di bakar warga untuk kegiatan pertanian atau perkebunan, untuk mengantipasi hal tersebut personil Polsek Lamandau melaksanakan sosialisasi kepada warga masyarakat di kecamatan Lamandau.

Cara sosialisasi yang di lakukan adalah dengan cara memberikan himbauan lisan dan dengan menggunakan media spanduk tentang bahaya karhutla dan aturan aturan yang melarang perbuatan tersebut serta sanksi pidananya agar masyarakat mengetahui dan mengindahkannya.

"Sosialisasi dilaksanakan dengan tujuan mengedukasi masyarakat serta memberikan pemahaman bahwa perbuatan membakar hutan dan lahan dapat di kenai sanksi pidana," Tegas Kapolsek. (MP)
[

Komentar