Antisipasi Lonjakan Covid-19, Danrem bersama Walikota Cek Kemampuan Rumah Sakit.

Palangka Raya -  MkNews-Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pasien yang terpapar Covid-19, Komamdan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto bersama Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dan Komandan Kodim (Dandim) 1016/Plk Kolonel Inf Rofiq Yusuf,  melaksanakan peninjauan di beberapa Rumah Sakit yang berada di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), beberapa hari lalu. 

Sasaran Rumah Sakit yang dikunjungi yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Palangka Raya yang berada di Kelurahan Kalampangan dan Rumah Sakit Perluasan yaitu di Hotel Batu Suli Jalan Raden Saleh Kota Palangka Raya,  Kalteng. 

Dalam kesempatan tersebut Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto mengatakan dalam penanggulangan covid-19 ini, peran TNI - Polri dan Satgas Pemerintahan daerah. Kabupaten/Kota dan Dinkes saya nilai sudah cukup bagus, namun perlu  untuk lebih di mengoptimalkan lagi dalam mengimplementasikan terhadap masyarakat di lapangan.

“Kita tidak boleh lengah apalagi kecolongan akan terjadinya lonjakan sehingga kita akan terdadak,  untuk mengantisipasi hal tersebut kita juga menyiapkan 121 bed di RS TNI AD sehingga apabila terjadi lonjakan kasus , kita sudah siap” kata Danrem.

Menurut Danrem, seandainya layanan yang disediakan baik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Palangka Raya,  RS. TNI AD tingkat IV Palangka Raya dan Rumah Sakit Perluasan sudah penuh, Korem juga menyiapkan RS Lapangan yang terletak di area RS TNI AD tingkat IV Palangka Raya dan halaman Makorem 102/Pjg berupa Tenda-tenda yang di lengkapi dengan peralatan Kesehatan, guna untuk menampung dan merawat pasien yang bergejala ringan, jelas Danrem. 

Danrem juga mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan (Prokes). Karena sampai saat ini masih terjadi peningkatan kasus yang terpapar sangat signifikan.

“Ditengah kondisi Pandemi Covid-19 yang meningkat, pentingnya kesadaran masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, mari kita bersama sama mencegah penyebaran covid-19  dengan mematuhi aturan dari pemerintah, apalagi Kota Palangka Raya saat ini sedang pemberlakuan PPKM Mikro ” jelasnya

Sementara itu Wali Kota Palangka Raya , Fairid Naparin mengatakan, kunjungan dilakukan bersama Bapak Danrem ini untuk melihat sejauh mana kemampuan RS yang ditunjuk untuk perawatan pasien Covid-19 mampu menangani apabila nanti terjadi lonjakan yang signifikan. 

"Dari peninjauan tersebut, ada beberapa rumah sakit yang dilakukan penambahan kapasitas diantaranya RS TNI AD ada 121 bed dan RSUD di Kalampangan ada 18 bed,  jadi totalnya 139 bed ," katanya. 

Dijelaskan lebih lanjut oleh orang nomor 1 di Pemerintah Kota Palangka Raya, terdapat beberapa rumah sakit di Kota Palangka Raya yang masih belum menyiapkan 30 persen Ruang Rawat Pasien Covid-19. Oleh karena itu, dirinya meminta RS tersebut agar segera menyiapkan 30 persen ruang rawat pasien Covid-19 karena sesuai kewajiban dari Kementerian Kesehatan (kemenkes), jelas Walikota.

Komentar