Penggunaan Aplikasi SILACAK membantu Babinsa Sebagi Tracer di Lapangan

Kotawaringin Barat - MkNews-Seluruh Jajaran Babinsa Kodim 1014 /Pbn mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan penggunaan Aplikasi SILACAK (Sistem Informasi Pelacakan), dari petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat bertempat di Ruang Yudha Kodim 1014 /Pbn Jl. Pangeran Antasari Kelurahan Raja Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Rabu (22/09/2021).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempermudah penggunaan aplikasi tersebut di lapangan sehingga dapat memudahkan Babinsa, bersama dengan Bhabinkamtibmas dan surveilans tingkat Kelurahan dalam mendukung tasting, tracing dan treatment (3T).

“Ya, guna mendukung kegiatan 3T di wilayah teritorial Kodim 1014 /Pbn, hari ini kami mengikuti sosialisasi dan latihan bersama,” kata salah satu Anggota Koramil 01/Arsel, Babinsa Kelurahan Baru Serda Eko Pujo.

Dalam hal ini yang menjadi sasaran langsung sebagai Tracer yaitu Babinsa, Babinkantibmas, serta petugas Surveilans Puskesmas sebagai petugas pengolah data. Dengan adanya Tracer memudahkan petugas dalam memantau orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi.

“Dalam melakukan pelacakan, penting untuk mengidentifikasi waktu dan tempat dari orang-orang yang pernah kontak dengan penderita Covid-19, lalu menginformasikan kepada orang-orang yang mungkin terpapar virus, dan mengisolasi orang-orang yang terjangkit Covid-19 untuk mencegah penyebaran lebih lanjut,” jelasnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url