Pemkab Barut Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

BARITO UTARA, MKNews-Pemerintah Kabupaten Barito Utara menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Upacara tersebut dilaksanakan secara virtual di Aula Rumah Jabatan Bupati Barito Utara, Jumat 01/10/2021 pagi. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 ini mengambil tema"Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila.

Upacara tersebut diikuti oleh Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah beserta Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekretaris Daerah, Drs. Muhlis, Unsur FKPD, Asisten Pemerintahan dan Kesra.

Adapun Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Bertindak  sebagai inspektur upacara Joko Widodo yang diikuti secara virtual oleh Lembaga Negara, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten se-Indonesia.

Teks Pancasila dibacakan oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI, sedangkan pembacaan Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia RI, Pembacaan dan Penandatanganan Ikrar oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI, dan Pembacaan Doa Menteri Agama RI.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah mengatakan bahwa Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ini diperingati untuk mengingatkan masyarakat soal ideologi Pancasila yang tak bisa diganti oleh paham apapun"Setiap kantor instansi/dinas/badan dan seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2021 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan pada tanggal 1 Oktober 2021 pukul 06.00 waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh," kata H. Nadalsyah. (Led)

Komentar