Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran Berikan Bantuan Kepada Anak Yatim Piatu dan Fakir Miskin Se- Kalteng

Kalteng –MKNews- Jelang akhir Puasa ramadhan Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, Wakil Gubernur H. Edy Pratowo, Sekretaris Daerah H. Nuryakin dan seluruh Forkopimba Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan silaturahmi Akbar sekaligus acara Berbuka Puasa Bersama, di Istana Isen Mulang, Kamis (28/4/2022) malam.



Hadir di Istana Isen Mulang yakni Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Wakil Ketua DPRD Kalteng H. Abdul Razak dan Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin. 

Safari Ramadan juga diikuti secara langsung dan virtual oleh Forkopimda, Anggota Pendukung Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng, Kepala Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan/BUMN/BUMD, Pimpinan Partai Politik, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Keagamaan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng serta Imam dan Kaum Masjid, Anak Yatim Piatu, Fakir Miskin se-Kalteng, Para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan Insan Pers.

Acara silaturahmi ini dihadiri sejumlah kepala Perangkat Darah/ Bupati/ Wali Kota/ Pimpinan Ormas Islam, Imam dan Kaum Masjid, Anak Yatim Piatu, Fakit Miskin, Para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan para insan pers yang selama ini aktif membantu pemberitaan Kalteng Berkah.



Dalam kesempatan itu Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran juga memberikan bantuan kepada 11 Panti Asuhan Anak Yatim di Palangka Raya, Imam Masjid, Fakir Miskin, termasuk bantuan dana hibah yang selama ini ditunggu-tunggu Pimpinan Ormas Islam di Palangka Raya, yakni Perngurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pengurus Wilayah Muhammadyah (PWM) Kalimantan Tengah.

Bantuan dana hibah untuk PWNU sebesar Rp 1.000.000.000, MUI Rp 750.000.000 dan PW Muhammadyah sebesar Rp 750.000.000. Sementara bantuan yang diberikan untuk Imam/Kaum Masjid/Musholla di seluruh Kabupaten/Kota sebanyak 5.086 orang, dimana masing-masing Imam/Kaum Masjid/Musholla diberikan bantuan sebesar Rp.1.000.000 per orang dengan total keseluruhan bantuan sebesar Rp. 5.086.000.000.

Bantuan untuk anak panti asuhan dan pengasuh masing-masing seluruhnya sebanyak 3.228 orang, masing-masing menerima Rp 500.000 dengan total keseluruhan sebesar Rp. 1.614.000.000. Sedangkan untuk jumlah bantuan yang diberikan kepada fakir miskin/ manula dan pengasuh di seluruh Kabupaten/Kota sebanyak 3.280 orang.

Untuk masing-masing fakir miskin/ manula dan pengasuh diberikan bantuan sebesar Rp.500.000 per orang dengan total keseluruhan bantuan sebesar Rp. 1.640.000.000. Untuk bantuan buka puasa bersama diserahkan bantuan dari Pemprov Kalteng masing-masing Rp. 100.000.000,- untuk 14 Kabupaten/Kota se-Kalteng.

Total keseluruhan bantuan yang diberikan yakni sebesar Rp. 8.470.000.000.
Penyerahan bantuan diawali dari Istana Isen Mulang dan seterusnya di Kabupaten/ Kota, Sambutan Gubernur Kalteng, Tausiyah, dan terakhir Buka Puasa bersama. Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya pada Safari Ramadan se-Kabupaten/Kota Tahun 1443 H/2022 M mengatakan Safari Ramadan kali ini dalam rangka bersilaturahim sekaligus Buka Puasa Bersama dirangkai dengan pemberian Bantuan Uang Tunai kepada Imam/Kaum Masjid/Musholla, Anak-anak Yatim Piatu, Fakir Miskin dan Manula se- Kalteng.

Memasuki penghujung bulan Suci Ramadan Tahun 1443 H/2022 M, Gubernur H. Sugianto Sabran menghimbau kepada warga masyarakat Kalteng untuk terus menerus meningkatkan kualitas amal ibadah disisa waktu yang ada ini dengan penuh khidmat, khusyuk

Pada kesempatan tersebut, Gubernur menyampaikan beberapa hal. Pertama, pada Tahun 2022 ini, sebagaimana diumumkan oleh Menteri Agama akan dilaksanakan Penyelenggaraan Ibadah Haji yang mana selama 2 (dua) tahun tertunda akibat Covid-19, oleh karena itu bagi yang akan berangkat Haji agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya begitu juga persyaratan kesehatan harus dipenuhi khususnya telah melaksanakan Vaksin Booster. “Kami Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah siap memfasilitasi Calon Jamaah Haji”, ucap Gubernur.

Kedua, dalam rangka menyongsong Idul Fitri 1 Syawal 1443 H, diminta kepada semua pihak terkait untuk menjaga stabilitas dan kecukupan bahan pokok strategis dan logistik lainnya dengan harga yang normal dan relatif terjangkau. “Kepada para pedagang Saya minta untuk tidak melakukan penimbunan dalam bentuk apapun. Sehingga kestabilan harga bahan pokok dapat terkendali dengan baik”, tegas Gubernur.

Ketiga, kepada masyarakat Kalteng, diminta untuk tetap menjaga kerukunan, keamanan sehingga Kalteng harmonis dan kondusif.
kepada Imam/Kaum Masjid dan Musholla, Anak-anak Yatim Piatu dan Fakir Miskin/Manula sebagai rasa cinta dan ucapan terima kasih, Pemprov Kalteng memberikan bantuan Uang Tunai yang diharapkan bisa bermanfaat.

Dan kepada Bupati/Walikota, Gubernur mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya sehingga pembangunan di Kalteng berhasil.


Rangkaian safari ramadan dilakukan penyerahan bantuan diawali penyerahan oleh Gubernur Kalteng dari Istana Isen Mulang dan seterusnya dilanjutkan oleh masing-masing Kepala Daerah di Kabupaten/ Kota se-Kalteng.

Usai berbuka puasa bersama di lanjutkan dengan sholat magrib dan teraweh bersama.(red)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url