Peduli Situs Budaya Dayak, Wakapolda Kalteng Bersama Kapolres Gumas Kunjungi Situs Budaya Di Tewah

Gunung Mas - MKNews -Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Wakapolda Kalteng) Brigjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi, S.A.P., M.A. didampingi Kapolres Gunung Mas AKBP Irwansah S.I.K. mengunjungi Situs Budaya Nyai Balau di Kel. Tewah, Kec. Tewah, Kab. Gumas. Minggu (08/05/2022) siang.

Pada kegiatan tersebut juga dihadiri, Wakapolres Gumas Kompol. Aries Nugroho, S.I.K. dan para pejabat utama Polres Gumas, serta turut dihadiri Ketua Bhayangkari Cabang Gunung Mas dan para personel Polres Gumas.

Kapolres Gumas menyampaikan bahwa, kunjungan Wakapolda di situs budaya para tokoh panutan dari tanah Dayak, seperti Balai Keramat Raja Nyai Balau tersebut dalam rangka meninjau situasi kamtibmas pasca libur hari raya Idul Fitri .

"Dalam kunjunganya itu, Wakapolda langsung disambut hangat oleh kerabat keluarga Nyai Balau serta turut mengatakan bahwa situs budaya Nyai Balau ini harus selalu dijaga dan dilestarikan," ucapnya.

Lanjut Kapolres juga menjelaskan, bahwa Situs Budaya Nyai Balau ini merupakan salah satu Ikon Kalteng, karena itu harus mendapat perhatian yang lebih besar lagi, agar bisa menjadi tujuan objek wisata religi yang unggulan di wilayah Kab. Gumas.

Nyai Balau sendiri juga merupakan sosok figur tokoh wanita yang terkenal perkasa, kuat, tangguh dan bijaksana serta berani. Sehingga ketauladanan di masa lampau menjadi contoh bagi perempuan lainnya untuk dapat berjuang bersama kaum pria.

"Situs cagar budaya yang ada merupakan sejarah yang sangat perlu untuk terus dilestarikan, sehingga bisa dikenal masyarakat luas. Terlebih bagi para generasi muda yang ada di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini," tutupnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url