BUPATI BERBALAS PANTUN DENGAN KETUA DPD LASQI KATINGAN SAAT PENUTUPAN SELEKSI SENI QASIDAH

KASONGAN-MKNews- Seleksi Seni Qasidah Tingkat Kabupaten Katingan secara resmi ditutup Bupati Katingan, Sakariyas Sabtu malam (30/07 2022). Dalam acara itu, Ketua DPD Lembaga Seni dan Qasidah (LASQI) Kabupaten Katingan, Endang Susilawati meminta Sakariyas membalas pantun yang telah disampaikannya. Meskipun kurang begitu mahir berpantun, orang nomor satu di Kabupaten Katingan ini meladeni permintaan tersebut.

Pada kesempatan itu Sakariyas berharap, syiar dan syair yang telah dilantunkan dan dilestarikan dapat menjadi penyejuk, penenang dan membawa keberkahan bagi Kabupaten Katingan yang bermartabat. Ia sangat mengapresiasi pelaksanaan lomba yang diselenggarakan DPD LASQI berkaloborasi dengan Panitia Peringatan Hari Besar Indonesia (PHBI).

“Saya menyakini dengan adanya kebersamaan akan memupuk solidaritas dan kemitraan yang menjadi modal dasar dalam proses pembangunan,” ungkapnya.

Dirinya meminta, agar seni dan budaya maupun kegiatan keagamaan lainnya dapat lebih digaungkan lagi.

“Kita siap memberi dukungan penuh bagi semua kegiatan yang bernuansa religius di Kabupaten Katingan. Termasuk diantaranya perbaikan dan perehaban rumah-rumah ibadah,” ujarnya

Sementara, Ketua DPD LASQI Kabupaten Katingan mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut diikuti semua kecamatan yang ada di Kabupaten Katingan. Dimana seleksi itu sebagai persiapan untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi yang akan digelar Bulan Oktober mendatang.

Menurut dia, acara berlangsung dengan sukses, aman serta lancar yang tentu saja ada yang merasa kalah dan yang menang.

“Tidak perlu ada rasa bangga maupun berkecil hati berlebihan, sebab terselenggaranya acara ini merupakan kemenangan kita semua,” pungkasnya.

Di tempat sama, Ketua PHBI Kabupaten Katingan, Sukartie Alijat mengungkapkan, acara seleksi tersebut dirangkai dengan Peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah. Dimana pihaknya telah berkolaborasi dengan DPD LASQI Katingan untuk memeriahkan acara.

“Seperti kata pepatah, dengan agama kita hidup teratur dan dengan seni, hidup kita lebih indah. Mari kita budayakan dan lestarikan seni qasidah,” himbaunya.

Pada seleksi kali ini, ada tiga kategori lomba yang diselenggarakan, yakni pop religi anak putra, pop religi anak putri dan pop religi remaja putra.

Keluar sebagai terbaik satu untuk kategori pop religi anak putra, M. Tifrizi dari Kecamatan Katingan Kuala, kategori pop religi anak putri terbaik satu diraih Juniyati dari Kecamatan Katingan Tengah, terakhir untuk kategori pop religi remaja putra terbaik satu diperoleh Susantri yang berasal dari Kecamatan Katingan Hulu. (Fdl) 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url