DPD Fordayak Dampingi Masyarakat Dalam Penyelesaian Konflik Lahan Dengan PT IFP

KALTENG, MKNews-Forum Pemuda Dayak (Fordayak) Kalteng mendampingi masyarakat dalam penyelesaikan terkait dengan lahan masyarakat yang digunakan oleh PT IFP sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang belum ada kejelasannya dari pihak perusahaan tersebut.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Fordayak Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Bambang Irawan mengatakan pihaknya sebagai penerima kuasa dari masyarakat terkait dengan lahan yang digunakan PT IFP yang sampai sekarang belum ada penyelesaian diantara kedua belah pihak dan fordayak sebagai penerima kuasa telah beradimitrasi menyurati pihak perusahaan.

"Dari surat pertama dan kedua juga ada dua kali pertemuan namun tidak menemui titik temu sehingga masyarakat yang didampingi oleh fordayak melakukan inting adat ke lahan untuk mengambil alih lahan tersebut. Karena tidak ada penyelesaiannya, fordayak bersama masyarakat meminta kembali lahan tersebut untuk dikembalikan ke masyarakat biarlah masyarakat mengunakan lahannya," ujarnya.

Dan memanfaatkan lahannya untuk mereka dari pada digunakan oleh PT IFP tidak ada kejelasan seperti apa tindak lanjutnya. Maka kami selaku pendamping biarlah masyarakat mengambil kembali lahannya tersebut dan mereka mau menanam jagung, pisang terserah mereka karena mereka yang punya lahan karena itu juga menjadi penghasilan kebun atau income bagi mereka.

"Jadi kegiatan kemarin itu kita melakukan inting adat yang menyatakan bahwa lahan ini adalah milik masyarakat dan apabila memang perusahaan beritikad baik ingin menyelesaikan permasalahan ini, ayo...! fordayak sebagai penerima kuasa membuka diri dengan semua pihak untuk menyelesaikan nya walaupun tidak ada itikad baik dari perusahaan ya kembalikan lah punya masyarakat, kembalikanlah lahan mereka," pungkasnya.

Komentar