Delima Desa Peduli Sampah, Merupakan Program CSR PT. PADA IDI di Desa Papar Pujung

BARITO UTARA, MKNews-PT PADA IDI kembali menyalurkan corporate social responsibility (CSR) melalui program Delima: Desa Peduli Sampah dan penyuluhan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta pengelolaan sampah dengan metode 3R (Reuse, Reduce, Recycle) di Desa Papar Pujung, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara, Rabu 06/09/2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Papar Pujung tersebut dihadiri oleh Sekcam Lahei Barat, Eri Sasongko, ST, MSi beserta jajarannya, Kepala Pustu Puskesmas Benao, Perwakilan dari Manajemen PT PADA IDI, Affan Shopan bersama Ramadani Sidiq CSR Foreman, Kepala Desa Papar Pujung, Indah, Ketua BPD desa Papar Pujung, Ketua RT 01, Ketua Adat, Tokoh pemuda, dan masyarakat Desa Papar Pujung.

Ramadani Sidiq selaku CSR Foreman PT PADA IDI saat diwawancarai mengatakan, kegiatan kali ini adalah program Delima, yang mana program ini adalah salah satu program CSR PT PADA IDI terkait tentang sampah yaitu Desa Peduli Sampah. Dimana pada hari ini, kita juga melaksanakan penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta pengelolaan sampah dengan metode 3R. Selain itu, pada hari ini juga rencananya kami akan menyerahkan beberapa fasilitas tempat sampah yang berjumlah sekitar 15 paket.

"Jadi masing-masing RT yang ada di Desa Papar Pujung ini mendapatkan fasilitas berupa bak sampah. Harapannya juga masyarakat bisa terfalitasi untuk membuang sampah pada tempatnya dan juga bisa memilah sampah antara organik dan yang non-organik. Jadi dalam proses nya pada penyuluhan kali ini, kita membentuk kader himpunan dimana nanti mereka dapat bekerja sama dengan Pemerintah Desa dan di support oleh PT PADA IDI.

"Dan kedepannya kita bersama-sama memberikan pelatihan bagaimana cara merawat, menjaga tempat sampah yang kita berikan. Kegiatan ini yang kedua kalinya, sebelumnya tentang Stuting dan sekarang tentang pengelolaan sampah dan lingkungan hidup," ucapnya.

Sekcam Lahei Barat, Eri Sasongko, ST, MSi mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah program CSR PT PADA IDI yaitu terkait dengan penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta penyuluhan tentang penanganan sampah 3R (Reuse, Reduce, Recycle), kami dari pihak Kecamatan Lahei Barat sangat mendukung sekali sumbangsih dari PT PADA IDI terkait dengan program ini.

"Dan untuk kedepannya, kami juga memohon kepada pihak manajemen PT PADA IDI agar lebih berperan aktif di dalam kegiatan PHBS maupun 3R, karena ini wujud nyata nyalirnya adalah dalam jangka waktu dekat bisa menyediakan tempat sampah juga seperti pemilihan, dan bak sampah itu nantinya akan diserahkan oleh pihak perusahaan kepada Pemerintah Desa secara langsung.

"Sekali lagi kami memohon kepada pihak perusahaan untuk bisa menjembatani dan memfasilitasi yaitu bagaimana cara pengolahan dari Bak sampah itu menjadi hal-hal yang positif dan berdaya ekonomi dari hasil pengolahan pengumpulan sampah," kata Eri Sasongko.

Sementara itu Kepala Desa Papar Pujung, Indah menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya program dari PT PADA IDI, yang mana kemarin sesuai proposal yang kita minta bahwa di Desa Papar Pujung diadakan tempat sampah sekaligus program cara pengelolaan Bak sampah seperti apa, antara lain sampah organik dan non-organik.

"Harapan kami selaku Pemerintah Desa kedepannya, dengan adanya program ini bisa memotivasi masyarakat Desa Papar Pujung untuk peduli dengan penanganan sampah di desa serta mewujudkan Papar Pujung yang asri, bersih itu harapan kami. Pada kegiatan ini juga, kami membentuk tim relawan peduli sampah sehingga nantinya dapat tindak lanjuti programnya sesuai apa yang diberikan oleh pihak perusahaan yaitu CSR dari PT PADA IDI, sehingga dapat berkembang lagi lebih baik dari sekarang. Dan pengelolaan sampah ini nantinya bisa bermanfaat bagi warga masyarakat desa Papar Pujung," pungkasnya. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url