Pj. Bupati Mura Diskusi dan Tinjau Posko Karhutla BPBD Mura.

Puruk Cahu, mediakaltengnews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Murung Raya, dalam rangka antisipasi kebakaran hutan dan lahan di Murung Raya mendirikan Posko di Pasir Putih salah satu objek Wisata di wilayah, Desa Danau Usong, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya. Dalam rangka kesiapan penanggulangan karhutla oleh BPBD Mura tahun 2023, Pj. Bupati Murung Raya, Hermon melalukan peninjauan ke lokasi Posko dan memberikan petujuk dan arahan kepada dinas/instansi terkait di aula BPBD Mura.

Hadir dalam kegiatan itu, Pj. Bupati Mura Hermon, Kalaksa BPBD Mura Fitrianul Fahriman dan jajarannya, Danramil Kecamatan Murung Supriyatna, Kabag Ops Polres Mura, KPHP Kehutanan Mura, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Mura dan Insan Pers Mura.

Dalam kesempatan itu Pj. Bupati Mura menyampaikan banyak hal terkait penanggulangan karhutla di Murung Raya, diantaranya alat kelengkapan terkait kesiapan personil, peralatan mesin non mesin, akomodasi dan sarana prasarana lainnya. Senin, (2/10/2023).

"Ini adalah amanah sebetulnya, baik ketika kami dipanggil menteri terkait dengan kita dalam pelaksanaan pejabat bupati itu, gubernur juga mengingatkan kembali bahwa kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Tengah harus menjadi perhatian utama dari pemerintah daerah. Seperti kita ketahui pada beberapa waktu yang lalu hotspot kita cukup banyak. Kita patut bersyukur bahwa pada saat ini sudah menurun dan kita harus meredam. Kemampuan pemerintah cukup terbatas, oleh karena itu kita berharap dukungan dari masyarakat dan dunia usaha, karena itu selalu kita evaluasi dan yang pertama adalah evaluasi titik hotspot kita yang berada dimana saja". 

Ditambahkan lebih lanjut, Posisi posisi tertentu jika memang perlu lakukan sosialisasi, kemudian pelatihan bersama dalam rangka untuk menguatkan masyarakat dalam kemandirian melakukan penangana. Penguatan pada posko jika tidak bisa dilakukan pemadaman, lakukan sosialisasi dan memberikan informasi kepada masyarakat, edukasi kepada masyarakat, supaya mereka juga siap secara mandiri untuk melakukan penanganan, karena kondisi terjadinya kebakaran lahan itu rata rata cukup jauh dari kota dari pusat pemukiman. Sebaiknya bagi masyarakat atau perusahaan yang terdekat dengan lokasi karhutla diharapkan agar melakukan upaya pemadaman terlebih dahulu dan akan di support dari kabupaten.
"Selain posko induk kita juga nanti akan mendirikan posko di Kecamatan Permata Intan dan di  Km 45 untuk mengcover daerah Tanah Siang dan juga di Desa Hungan Tokung untuk mengcover daerah Laung Tuhup dan daerah Barito Tuhup Raya", ungkap Kalaksa BPBD Mura Fitrianul Fahriman.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url