Pemkab Murung Raya Wacanakan Katinting Race Jadi Ajang Tahunan

Puruk Cahu, mediakaltengnews.com - Penjabat (Pj) Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Hermon secara resmi membuka kegiatan Katinting Race tahun 2023 yang dilaksanakan di pelabuhan sungai Putir Sikan Kota Puruk Cahu, Jumat (24/11/2023). 

Kegiatan yang diinisiasi oleh Katinting Kalteng tersebut dilaksanakan selama tiga hari kedepan di Sungai Barito, yakni sejak tanggal 24 -26 November 2023 dengan total hadiah sebanyak Rp 120 juta. “Panitia menyiapkan sebanyak tiga buah sepeda motor sebagai hadiah. Bila ditotalkan semua hadiahnya ada senilai Rp 120 juta,” kata Ketua Panitia Katinting Race Murung Raya tahun 2023, Susilo saat menyampaikan laporan pada kegiatan pembukaan.

Susilo juga mengatakan kegiatan tersebut selain untuk memberikan hiburan kepada masyarakat Murung Raya, juga dalam rangka memperkenalkan olah raga balap sungai, yakni Katinting, serta memperkenalkan Murung Raya agar dikenal lebih luas lagi. “Ada tiga kelas lomba yang dipertandingkan, yakni tune up maksimal piston 94, kelas standar dan kelas open dengan umur 40 tahun ke atas,” tambah Susilo. 

Sementara itu Ketua Dewan Pembina Katinting Kalteng, H. Nadalsyah menyampaikan terima kasih kepada semua unsur di Kabupaten Murung Raya karena telah mendukung penuh lomba tersebut hingga dapat sambutan meriah dari warga Murung Raya, khususnya yang berada di Kota Puruk Cahu.

“Lomba Katinting Race ini tidak hanya kami selenggarakan di Murung Raya, tetapi juga sudah kami selenggarakan di Kota Palangka Raya beberapa waktu lalu. Kami rencanakan lomba ini dilaksanakan seluruh kabupaten di Kalteng, dan setelah ini Katinting Race kami agendakan di Kabupaten Kapuas,” kata H. Nadalsyah. 

Setelah itu, Pj Bupati Murung Raya Hermon sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut mengatakan akan melakukan koordinasi dengan beberapa stakeholder agar ada upaya pembinaan terhadap para atlet katinting di Kabupaten Murung Raya.

Selain itu juga, Hermon mengatakan dirinya berkeinginan agar Katinting Race yang baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Murung Raya itu bisa dijadikan agenda tahunan bersamaan dengan beberapa cabang olahraga lain yang sudah berjalan. Hadir pada acara pembukaan tersebut, Ketua DPRD Murung Raya Doni beserta beberapa anggota DPRD, Kapolres Murung Raya AKBP Irwansah, Dandim 10/13 Mtw Letkol Inf. Agussalim Tuo, beberapa Kepala OPD serta undangan lainnya.

Komentar