BPBD Murung Raya Gelar Pelatihan Pencarian, Pertolongan Dan Evakuasi Korban Bencana

Puruk Cahu, mediakaltengnews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Murung Raya (Mura) adakan pelatihan pencarian, pertolongan dan evakuasi korban bencana kepada 70 orang di Lapangan Kantor BPBD Murung Raya, Selasa (14/11/2023). 

Diketahui jika kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 14-16 November 2023 dan diikuti oleh sebanyak 70 orang yang terdiri dari, Anggota stap Pemerintah Kecamatan dari 10 kecamatan sebanyak 40 orang, Anggota pramuka 5 orang, Anggota KNPI Murung Raya 5 Orang, serta TRC BPBD sebanyak 15 orang. 

Pj. Bupati Murung Raya Hermon dalam sambutannya mengatakan jika dalam perkembangan masa kini dalam hal penanggulangan bencana harus sudah mengalami perubahan pola serta paradigma dari penyelamatan kepada pengurangan resiko bencana yang bertujuan untuk membentuk struktur antisipatif masyarakat agar lebih tanggap, siaga serta sigap terhadap kondisi kebencanaan.

"untuk itu desa dan kelurahan dengan berbagai komunitas yang ada di wilayahnya saya harap dapat lebih proaktif dalam melakukan tahapan-tahapan pengurangan resiko terjadinya bencana tersebut, mulai dari pembentukan forum pengurangan resiko bencana,rekrutmen dan mengorganisir para relawan untuk bersama-sama membuat perencanaan penanggulangan bencana, melaksanakan kegiatan pelatihan dan simulasi,sosialisasi serta kegiatan lainnya yang menunjang dalam hal penanggulangan bencana tersebut,”tutur Hermon.

Komentar