DPRD Murung Raya meminta Koperasi Terus Berkembang

Puruk Cahu, mediakaltengnews.com - Ketua Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kabupaten Murung Raya, Akhmad Tafruji, S.P, mengatakan pentingnya pelatihan Kompetensi Manajerial bagi pengurus dan pengelola koperasi di Kabupaten Murung Raya agar terus berekembang.

“Pelatihan itu diadakan dengan harapan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta kemampuan pengurus dan pengelola koperasi, untuk meningkatkan kinerja dan penguatan usaha mendukung usaha koperasi,” katanya di Puruk Cahu, Senin (16/10/2023).

Ketua Komisi III DPRD Murung Raya Fraksi PAN ini juga menjelaskan, bahwa peningkatan kinerja bertujuan untuk meningkatkan daya kerja dan kemampuan dalam pengawasan perkoperasian.

“Pelatihan itu akan membekali peserta dengan keterampilan dalam penyusunan perencanaan, strategi pengembangan pertumbuhan koperasi sebagai entitas bisnis, pemasaran berbasis digital, dan peningkatan pengawasan terhadap tata kelola manajemen koperasi yang baik dari aspek akuntansi, manajemen usaha, dan risiko,” ungkapnya.

Menurut Ketua Dekopinda Murung Raya ini, koperasi dengan strategi yang baik dan benar merupakan bentuk realisasi perencanaan jangka panjang yang mengintegrasikan tujuan, kebijakan, dan rangkaian kegiatan untuk mencapai suatu tujuan dan sasaran tertentu yang tepat.

“Koperasi berdasarkan prinsip-prinsip koperasi dalam gerakan perekonomian rakyat yang memiliki asas kebersamaan dan kekeluargaan yang didasarkan pada Pancasila dan UUD 1945, serta mengusung prinsip gotong royong dari semua anggota di dalamnya,” beber Akhmad Tafruji.

Ia menambahkan, koperasi di Murung Raya ini bergerak dalam berbagai bidang usaha seperti katering, transportasi, simpan-pinjam, dan penyediaan bahan logistik sembako.

“Ada beberapa koperasi di wilayah Muara Tuhup telah menjalin MoU dengan perusahaan dalam rangka penyediaan barang dan jasa, seperti jasa transportasi, katering, dan bahan mentah,” sebut Dekopinda.

Dengan pelatihan itu, Ia. Mengharapkan koperasi di Murung Raya tahun depan terus berkembang dalam semua kegiatan usahanya, dalam meningkatkan kehidupan perekonomian serta kesejahteraan anggota koperasi dan masyarakat di sekitarnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url