H. Sugianto Sabran Salurkan Bansos Launching Bantuan Sosial Fungsi Pendidikan (Beasiswa) Kalteng BERKAH

Sampit –MKNews- Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran
didampingi Ketua TP PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran menyalurkan bantuan sosial (Bansos) sekaligus melakukan Launching Bantuan Sosial Fungsi Pendidikan (Beasiswa) Kalteng BERKAH kepada mahasiswa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), yang dipusatkan di area Patung Jelawat Kota Sampit, Kotim, Sabtu (6/1/2024).

Dalam rangka mendukung pertumbuhan daerah Kalimantan Tengah sektor Sumber Daya Manusia (SDM), Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah fokus dalam percepatan peningkatan kualitas SDM, salah satunya dengan memberikan dukungan pada Mahasiswa agar tetap semangat dalam menjalani studi pada masing-masing Perguruan Tinggi.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dalam arahannya menjelaskan, bahwa kedatangannya ke Kabupaten Kotim merupakan kunjungan kerja (Kunker) untuk pertama kalinya pada tahun 2024 ini, serta ingin melihat secara langsung keadaan mahasiswa generasi penerus Kalimantan Tengah.

“Pertemuan dengan mahasiswa ini dilakukan untuk menyemangati dan memberi support kepada mahasiswa, pemuda pemudi Kalimantan Tengah sebagai generasi yang nantinya akan melanjutkan kepemimpinan Kalimantan Tengah” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan,  pada tahun 2023 Bidikmisi Kalteng Berkah akan disalurkan sebesar 1,5 juta rupiah per mahasiswa, dan Bidikmisi Kalteng Berkah untuk tahun 2024 sebesar 5 juta per mahasiswa.

“Dengan jumlah total mahasiswa sebanyak 42.243 orang dari 31 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Kalteng, dan sekitar 10% adalah pendatang dari Papua dan Sumatera” ucapnya.

Menurut Gubernur Kalteng pendidikan itu sangat penting, oleh karena itu kegiatan pertemuannya dengan mahasiswa ini dimaksudkan untuk membentuk mahasiswa yang sanggup bertarung dalam kehidupan, punya tekad dan keberanian, serta punya akhlak dan karakter sehingga nantinya terbentuk generasi-generasi Kalteng unggul dan maju menuju Kalteng yang bermartabat.

“Nantinya 20 tahun ke depan anak-anak Kalteng tidak kalah dengan anak-anak dari provinsi lain atau dari luar negeri” tutup Gubernur Kalteng.

Ia juga secara tegas menekankan kepada seluruh mahasiswa, agar tidak menyentuh narkoba dan minuman keras, serta tidak menikah diusia muda.

Sementara itu Plt. Kadisdik Prov. Kalteng M. Reza Prabowo dalam laporannya menjelaskan, bahwa dalam rangka penyaluran bantuan sosial kepada mahasiswa bertepatan dengan akan dimulainya aktivitas pendidikan mahasiswa pada tanggal 29 Januari 2024 di perguruan tinggi masing-masing.


Selanjutnya, terkait dengan beasiswa yang disalurkan oleh Gubernur Kalteng untuk para mahasiswa pada jenjang S-1 dengan total sebanyak 5.641 orang adalah jumlah hasil verifikasi dari total jumlah kuota yang disiapkan sebanyak 6.800 untuk seluruh mahasiswa se Kalteng.

“Tujuan bapak Gubernur memberikan beasiswa ini, ingin beasiswa ini betul-betul tepat sasaran dan tepat guna” jelas Reza.

“Total bantuan yang disalurkan oleh bapak gubernur sore hari ini untuk seluruh mahasiswa-mahasiswi se Kalteng adalah senilai 8.641.500.000 Miliyar” ujarnya.

Pada kesempatan ini pula Gubernur Kalteng memberikan bantuan sosial berupa sembako sebanyak 2000 paket secara gratis kepada mahasiswa di Kotim.

Dari 5.641 orang mahasiswa, terdapat 572 mahasiswa Kotim dari 6 (enam) perguruan tinggi yaitu Universitas Darwan Ali Sampit, STIH Habaring Hurung, STIE Sampit, Akbid Muhammadiyah Sampit, STKIP Muhammadiyah Sampit dan Politeknik Sampit.

Pada Kesempatan yang sama Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor dalam sambutannya menyebutkan bahwa Kabupaten Kotawaringin Timur juga telah memberikan bantuan bagi universitas untuk gedung, peralatan dan beasiswa Gerbang Mentaya.(Red/Tio)

Komentar