Pemkab Kapuas Gelar Upacara Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024,

KUALA KAPUAS, MKNews - Semangat Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 harus bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat, dimana lingkungan yang baik dan sehat merupakan tanggung jawab bersama oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, akademisi, dunia usaha, masyarakat, generasi muda dan pers.

Hal itu disampaikan langsung oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dalam amanahnya pada Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup se dunia tahun 2024 yang digelar Pemerintah Kabupaten Kapuas, Rabu (5/6/2024) di Halaman Kantor Bupati Kapuas, Jalan Pemuda Km. 5,5.

Pelaksanaan upacara peringatan ini diikuti oleh TNI, Polri, Pol PP, OPD Pemerintah Kabupaten Kapuas, BUMN/BUMD, Kecamatan/Kelurahan/Desa sekitar, Organisasi Kemasyarakatan, Mahasiswa dan Pelajar SMA/MA serta Anggota Pramuka.

“Saya mengajak kita semua untuk meningkatkan kesadaran dan melakukan tindakan dalam mendukung kebersihan lingkungan serta mendorong perubahan untuk pelestarian lingkungan hidup. Kegiatan yang dilakukan dapat berupa gotong royong membersihkan lingkungan masing-masing, jalan, sungai dan menanam pohon maupun buah-buahan,” kata Pj Bupati Kapuas dihadapan para peserta upacara.

Kerjasama ini lanjut Erlin, harus terus ditingkatkan untuk menjaga kebersihan dan mengelola lingkungan hidup secara konsisten dan berkelanjutan, yang mana ketahanan lingkungan hidup adalah kunci untuk menjaga ekosistem dan menghindari dampak perubahan iklim.

Disampaikannya juga bahwa tema Hari Lingkungan Hidup sedunia yang diusung oleh Indonesia adalah “Penyelesaian Krisis Iklim Dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”, dimana hal ini menjadi pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakna secara konsisten.

“Prinsip keadilan menekankan bahwa manfaat dari pemulihan lahan harus dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Pendekatan ini melibatkan komunitas lokal dalam proses pengambilan keputusan, memastikan akses yang adil terhadap sumber daya alam dan mengakui serta menghargai pengetahuan tradisional dalam praktik pemulihan lahan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini dilakukan juga penyerahan bibit pohon oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy dan sejumlah jajaran OPD sebagai komitmen dalam menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Kapuas.(Heri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url